Apel Kesadaran Nasional, Wabup Bartim Sampaikan Ini

Apel Kesadaran Nasional, Wabup Bartim Sampaikan Ini

WABUP Bartim Wakil Bupati, Habib Said Abdul Saleh saat menjadi pembina apel kesadaran nasional.| foto : istimewa

TAMIANG LAYANG - Seluruh ASN diingatkan dalam melaksanakan dan menyelesaikan tugas agar tepat waktu dengan menggunakan anggaran seefektif mungkin untuk hasil yang maksimal bagi pembangunan di Kabupaten Barito Timur (Bartim).

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh saat menjadi pembina Apel Kesadaran Nasional yang digelar di halaman Kantor Bupati setempat, Rabu (17/5/2023) yang diikuti Sekda dan para asisten, Kepala Perangkat serta ASN di lingkungan Pemkab Bartim.

 Wabup mengingatkan kepada seluruh ASN agar melaksanakan dan menyelesaikan tugas tepat waktu dengan menggunakan
anggaran seefektif mungkin untuk hasil yang maksimal bagi pembangunan Barito Timur.

"Setiap pelaksanaan kegiatan sesuaikan dengan perencanaan sehingga tidak menemui kesulitan pada saat membuat pelaporan dan pertanggungjawabannya, hal ini selalu berulang kali diingatkan dan ditegaksan kepada kepala SKPD (perangkat daerah) dan pejabat yang terlibat dalam pengelolaan anggaran," ucap Wabup menyampaikan amanat tertulis Bupati Ampera AY Mebas.

Wabup juga mengatakan bahwa jika ada temuan BPK Perwakilan Kalteng dari hasil pemeriksaan yang telah dilaksanakan pada beberapa waktu yang lalu agar segera diselesaikan.

"Kita berupaya maksimal untuk tetap mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian yang sudah diraih pada tahun-tahun anggaran sebelumnya," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Wabup juga menyinggung pelaksanaan Pemilu 2024 masuk dalam tahap verifikasi berkas pendaftaran bakal calon anggota legislatif.

"Diingatkan kembali
netralitas ASN, PPPK maupun PHL atau PHT pada tahapan pencalonan ini. Memang disadari ada bakal calon dari lingkungan keluarga dekat tetapi tetap menjaga netralitas kita semua karena kita pada saatnya akan diberikan kesempatan untuk memilih di bilik suara," ujarnya.

Kemudian, untuk pelaksanaan Pilkades serentak yang akan kita laksanakan pada 3 Juni 2023 mendatang, Wabup mengharapkan partisipasi masyarakat di desa yang mengadakan Pilkades untuk menggunakan hak suara dan tetap menjaga situasi
dan kondisi daerah tetap kondusif.

"Laporkan kepada aparat terdekat jika ada hal-hal yang dapat mengganggu keamanan serta jangan mudah terpengruh atau dihasut oleh isu-isu atau berita yang tidak jelas yang disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," tegasnya.

Dalam arahannya Bupati yang dibacakan Wabup juga memberikan perhatian terhadap peningkatan suhu udara yang semakin panas saat ini.

"Menyikapi kondisi cuaca ekstrim diingatkan kembali
tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hihup bersih dan sehat, menjaga kesehatan, mengatur pola makan, berolah raga teratur dan istirahat yang cukup. Gunakan pakaian pelindung yang aman untuk cuaca yang cukup panas dan minum air putih yang cukup," pesannya.

Terkait masalah pengendalian inflasi daerah, Bupati juga mengingatkan kepala perangkat daerah terkait agar benar-benar
memperhatikan langkah antisipasi atas dasar petunjuk dari pemerintah pusat maupun kementerian terkait
lainnya.[siti]

Lebih baru Lebih lama