Aparat Desa Harus Lebih Maksimal dalam Pengelolaan Keuangan

Aparat Desa Harus Lebih Maksimal dalam Pengelolaan Keuangan

BUNTOK – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel), Jarliansyah meminta sekaligus mengimbau agar semua aparat desa di wilayah Kabupaten Barsel lebih maksimal dalam pengelolaan keuangan desa.

Sebab, menurutnya pengelolaan keuangan desa diharapkan bisa membantu sukses dan lancarnya pembangunan dari tahun ke tahun.

"Desa berperan sentral dalam menunjang kesuksesan pembangunan daerah, yaitu sebagai tempat pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat walaupun dalam kenyataannya banyak pengelolaan keuangan desa yang belum memiliki manajemen baik," ucap Jarliansyah, Selasa (23/5/2023).

Ia menambahkan, seringkali terjadi kesimpangsiuran data dan inilah yang mendasari semuanya. Karenanya dirasa perlu untuk secara kontinyu dilaksanakannya  pelatihan pengelolaan keuangan desa setiap tahunnya.

Perlu diketahui, Alokasi Dana Desa (ADD) merupakan dana untuk membangun fasilitas di suatu desa serta untuk membantu pula kesejahteraan dari masyarakatnya.

“Pastinya ADD bukan merupakan milik pribadi atau pemegang dana di suatu desa, sehingga dananya pun harus dikelola sesuai dana maupun peruntukan yang telah ditetapkan,” pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama