Sambut Idul Fitri 1444 H, Malam Takbir di Kabupaten Pulang Pisau Meriah

Sambut Idul Fitri 1444 H, Malam Takbir di Kabupaten Pulang Pisau Meriah

PULANG PISAU - Berbagai aktivitas sempat dibatasi akibat dilanda Pandemi Covid-19, bahkan tak sedikit kegiatan dilarang pemerintah untuk dilaksanakan, yang diantaranya perayaan pawai takbir lebaran.

Bersyukur di tahun 2023 ini, wabah tersebut (Pandemi Covid-19) terus melandai dan sudah  dinyatakan berakhir oleh pemerintah yang disampaikan langsung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu melalui siaran pers nya.

Berdasarkan kondisi saat ini, aktivitas dapat dilaksanakan, termasuk pelaksanaan Pawai Takbir malam Idul Fitri 1444 H / 2023 M di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah.

Dari pantauan awak media, Jumat (21/4/2022), peserta pawai dan rute yang dilalui para peserta sendiri mengelilingi wilayah perkotaan Pulang Pisau. Peserta pawai pun beriringan menuju rute yang telah ditentukan panitia pelaksana.

Berbagai miniatur bernuansa religi khas malam takbiran yang ditampilkan oleh para peserta pawai. Masyarakat daerah setempat pun antusias menyaksikan pawai takbir tersebut.

"Alhamdulilah tahun ini pawai takbir dapat dilaksanakan, dan kami kembali ikut serta," ujar Hairani selaku Pembina sekaligus pelatih Grup Maulid Habsyi Ar Ridho, Kota Pulang Pisau saat dibincangi awak media metrokalimantan.com cukup singkat.

Sementara membacakan sambutan Bupati Pulang Pisau, Staf Ahli Edi P Casmani menyampaikan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena dapat hadir dan berkumpul untuk mengikuti serangkaian acara pelepasan Festival Gema Takbir dan Pawai Kreasi Hari Raya Idul Fitri 1444 hijriah - 2023 Masehi.

Edi mengatakan bahwa pelaksanaan Pawai Takbir Idul Fitri 1444 hijriah yang dilaksanakan ini merupakan salah satu upaya kita bersama dalam mensyiarkan nilai-nilai Islam di Negeri Junjungan ini.

Melalui kegiatan ini juga, lanjutnya, hendaknya  mampu menumbuhkan nilai-nilai keimanan, ukhuwah islamiah dan mensyiarkan agama Islam yang Rahmatan Lil'alamin serta diimplementasikan dengan menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan seraya menggaungkan dan menggemakan  Takbir, Tahlil dan Tahmid.

Kegiatan yang menampilkan berbagai bentuk dan ragam kreasi yang inovatif dan konstruktif ini diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi bagi umat Muslim dalam menyambut momentum hari kemenangan.

"Marilah kita laksanakan takbiran ini dengan penuh ikhlas dan khusuk semata-mata mengharapkan ridho Allah SWT," ucapnya.

Melalui momen Idul Fitri ini pula, pihaknya mengajak untuk seluruh lapisan masyarakat  untuk menebar aura positif kepada orang yang ada disekitar.

"Bina lah persahabatan kepada semua dengan penuh kasih sayang. Perkuat lah kedekatan batin dengan sesama agar tercipta suasana yang penuh cinta serta kasih sayang. Hal ini dapat diwujudkan dengan saling mengulurkan tangan seraya mengucapkan permohonan maaf kepada sesama. Bukakan pintu maaf kepada sesama agar kesempurnaan ibadah kita di bulan Ramadhan dan Idul Fitri akan semakin sempurna,"  tuturnya.

Perlu diketahui Festival Gema Takbir dan Pawai Kreasi menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 hijriah tahun 2023 diikuti 18 peserta dari masjid, musholla dan kelompok umum.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Staf Ahli Bupati Edi P Casmani dihadiri Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Pulang Pisau, H Ahmad Fadli Rahman, Kapolres Pulang Pisau AKBP Mada Ramadita, Wakapolres Kompol Edia Sutaata beserta jajarannya, Ketua MUI Pulang Pisau Ustad Suryadi, Kepala Disperkimtan Hargatin, Camat Kahayan Hilir, Agustinuah dan undangan lainnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama