Festival Budaya Nansarunai Jajaka Bartim segera Digelar, Ini Jadwalnya

Festival Budaya Nansarunai Jajaka Bartim segera Digelar, Ini Jadwalnya

TAMIANG LAYANG - Berdasarkan kalender kegiatan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Barito Timur (Bartim) tahun 2023.

"Pemerintah Kabupaten Barito Timur akan melaksanakan Festival Budaya Nansarunai Jajaka pada tanggal 5 hingga 7 Mei 2023 yang digelar di Ruang Terbuka Hijau atau RTH Tamiang Layang," ucap Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bartim, Dra Herawani MM melalui releasenya, Selasa (4/4/2023).

Berkenan dengan perihal tersebut, ungkapnya, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten mengundang seluruh masyarakat setempat agar dapat berpartisipasi dalam kegiatan Festival Budaya Nansarunai Jajaka Bartim dengan ketentuan membawa Tim Olahraga Tradisional untuk mengikuti Lomba Balogo, Lomba Manyipet, Lomba Bagasing, Lomba Mangatek dan Lomba Malamang.

Regu Lomba Balogo, urainya, terdiri dari tiga putera dan tiga puteri, Regu Lomba Manyipet terdiri dari tiga putera dan tiga puteri, Regu Lomba Bagasing terdari dari dua putera dan dua puteri, Mangatek terdiri dari tiga putra dan tiga putri, regu malamang terdiri dari lima orang pria dan wanita.

Lanjutnya, untuk peserta mangatek terdiri dari satu putra dan satu putri, Lomba Fashion Carnaval merupakan lomba busana karnaval yang bertema gelang dan bersifat umum atau perorangan, yakni satu Kecamatan maksimal lima orang putera dan puteri.

Diketahui bahwa, tambahnya, panitia menyediakan acara khusus penampilan tari, musik daerah untuk memeriahkan kegiatan Festival Budaya Nansarunai Jajaka Kabupaten Bartim, dan masing-masing kecamatan dapat membawa satu grup sanggar tari untuk mengikuti pagelaran tersebut dan panitia akan memberikan jasa atau uang pembinaan.

"Semua peserta diwajibkan membawa bahan dan peralatan lomba sesuai cabang lomba masing-masing," tukasnya.[siti]

Lebih baru Lebih lama