RSUD Kapuas Bangun Kepedulian Lewat Donor Darah di Pameran Kapuas Expo

RSUD Kapuas Bangun Kepedulian Lewat Donor Darah di Pameran Kapuas Expo

STAND RSUD Kapuas pada pameran Kapuas Expo 2023.| foto : rsudkps

KUALA KAPUAS - Tanamkan kepedulian masyarakat mengenai pentingnya donor darah, stand RSUD dr H Sormarno Sosroadmodjo Kuala Kapuas membuka layanan donor darah pada event pameran dan Kapuas Expo 2023 yang digelar di kawasan komplek Stadion, Jalan Maluku Kuala Kapuas.

Pameran dalam rangka memeriahkan dan menyambut Hari Jadi Kapuas ke-217 dan HUT ke-72 Pemkab itu dibuka  sejak Jumat 10 Maret 2023 hingga Sabtu 18 Maret 2023 mendatang.

Direktur RSUD dr H Soemarno Sosroadmodjo, dr Agus Waluyo, melalui Kepala Unit Transfusi darah dr Erny Indrawati mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar masyarakat dapat lebih aware terhadap kebutuhan darah dan semakin peduli terhadap sesama.

Bagi pengunjung yang bersedia mentransfusi darahnya akan diberikan hadiah berupa bingkisan nutrisi makanan dan minuman sebagai pengganti asupan nutrisi sehat bagi darah yang didonorkan.

"Manfaat rutin mendonorkan darah bagi si pendonor antara lain menurunkan berat badan, menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan risiko kanker, mendeteksi dini penyakit serius, dan membuat lebih sehat secara psikologis," sebut dr Erny, Jumat (17/3/2023).

Melalui kegiatan ini diharapkan ketersediaan stok darah yang tersedia di Unit Transfusi Darah RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas cukup dan maksimal.

"Yang mana ini untuk memberikan layanan kesehatan terkait kebutuhan pasien yang memerlukan tambahan transfusi darah dan apabila sedang dirawat di rumah sakit," terangnya.

Menurut dr Erny, di stan RSUD Kapuas terdapat informasi dan edukasi kesehatan lainnya dan layanan kesehatan lain apabila pengunjung memerlukan pemeriksaan tekanan darah tersedia petugas kesehatan yang ditugaskan secara berkala atau bergiliran dari RSUD Kapuas selama pelaksanaan Kapuas Expo Tahun 2023 ini.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama