Penggunaan Anggaran, Jarliansyah: Terkadang Cenderung tidak Sesuai Program Prioritas

Penggunaan Anggaran, Jarliansyah: Terkadang Cenderung tidak Sesuai Program Prioritas

BUNTOK – Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan (Barsel), Jarliansyah mengatakan, terkadang penggunaan anggaran cenderung tidak sesuai program prioritas.

Hal itu disebabkan lemahnya SDM pengguna anggaran, termasuk kelemahan pada sistem perencanaan kegiatan dalam pelaksanaan kegiatan serta bidang pengadaan.

Untuk itu, politisi PDIP Barsel ini meminta agar semua OPD di lingkup Pemkab Barsel di tahun 2023  ini dalam menggunakan anggaran harus sesuai program prioritas. 

Makanya di tahun anggaran sebelumnya, sambung Jarliansyah, penyerapan anggaran tidak berjalan dengan optimal, sehingga ada hambatan yang bersifat struktural dan institusional.  

"Begitu pun dalam proses penerbitan Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA)," ungkap Jarliansyah, Rabu (15/3/2023).

Menurut legislator Barsel ini, merupakan tahap akhir dari seluruh proses penyusunan anggaran pendapatan dan belanja Negara, sehingga hal itu pun sebagai  tahap awal dalam pelaksanaan anggaran. 

Selain dasar dari DPA, lanjut wakil rakyat Dapil III Barsel itu, DPA juga berfungsi sebagai alat pengendalian, pelaksanaan, pelaporan, pengawasan  serta sebagai perangkat akuntansi pemerintah.

Untuk pagu dalam DPA merupakan batas pengeluaran tertinggi yang tidak boleh dilampaui dan pelaksanannya pun harus dipertanggungjawabkan.

"Dalam penyerahan DPA harus dilakukan sebelum awal tahun anggaran, sehingga dalam penyerahannya itu boleh dibilang suatu tradisi tahunan," pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama