Panen Padi Nusantara Bersama di Desa Tahai Jaya

Panen Padi Nusantara Bersama di Desa Tahai Jaya

PULANG PISAU - Panen padi Nusantara dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional berlangsung di Desa Tahai Jaya, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis (9/3/2023).

Kegiatan dihadiri Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang, Wakil Ketua DPRD Pulang Pisau, unsur Forkopimda dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Pulang Pisau.

Selain rombongan bupati, kegiatan juga dihadiri Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo bersama sejumlah kepala dinas di lingkungan Pemprov Kalteng.

"Kami bersyukur panen padi Nusantara di wilayah kami ini (Pulang Pisau) berjalan dengan lancar, meski sempat dilanda hujan," ucap Taty Narang sapaan akrab Bupati Pulang Pisau.

Sementara pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Kalteng menyampaikan panen padi Nusantara di Desa Tahai Jaya ini, di luasan lahan 50 hektare dengan jenis padi hibrida oleh kelompok tani Maju Bersama.

"Panen nusantara ini bersama seluruh provinsi di Indonesia, dan untuk Kalteng ada beberapa kabupaten seperti Kapuas, Barito Selatan, Katingan, Kotawaringin Timur, dan saat ini di Pulang Pisau," kata Edy Pratowo.

Dengan terlaksananya panen nusantara, tambahnya, diharapkan mampu memberikan kontribusi yang baik dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan nasional.

"Karena soal pangan merupakan persoalan mendasar yang menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia. Sebagai informasi Pemprov Kalteng di tahun 2023 ini akan membangun sejenis mesin penggilingan padi modern di lokasi wilayah program food estate," ujarnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama