Festival TMPT Meriahkan Harjad 217 Kuala Kapuas dan HUT 72 Pemkab Kapuas

Festival TMPT Meriahkan Harjad 217 Kuala Kapuas dan HUT 72 Pemkab Kapuas

PLT KEPALA Disbudpora Kabupaten Kapuas, Agusthe S.Sos.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Tanggal 21 Maret  2023 adalah Hari Jadi ke-217 Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Pemerintah Kabupaten Kapuas, sejumlah acara akan digelar untuk menyemarakannya.

Nantinya digelar kembali Festival Tingang Menteng Panunjung Tarung. Pemerintah Kabupaten Kapuas kini mempersiapkan seluruh rangkaian dalam rangka peringatan tersebut.

Disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Kapuas Agusthe S.Sos, event Festival Tingang Menteng Panunjung Tarung, digelar pada pertengahan Maret 2023.

"Adapun dalam festival Tingang Menteng Panunjung Tarung ini meliputi Lomba Jagau Linga - Bawi Kameloh, menyipet, karungut, tarian pedalaman, kuntaw (Lawang Sakepeng), balogo, bagasing," kata Agusthe, Jumat (3/3/2023).

Ragam lomba dan kegiatan dalam Festival Tingang Menteng Panunjung Tarung ini merupakan even seni dan budaya tradisional khas daerah.

"Itu semua adalah budaya atau permainan tradisional yang harus kita lestarikan dan kembangkan. Sebenarnya masih banyak  olahraga atau permainan tradisional lainnya yang bisa diperlombakan namun karena keterbatasan dana maka tidak semuanya bisa kita laksanakan," terang Agusthe.

Lanjutnya  kegiatan ragam lomba bernilai kearifan lokal ini diikuti peserta dari 17 wilayah kecamatan se Kabupaten Kapuas, digelar di Ibukota Kapuas di Kecamatan Selat.

Untuk tari pesisir dan lomba Karungut diadakan GOR Panunjunng Tarung, sedangkan lomba lainnya dilaksanakan di lapangan stadion Panunjung Tarung.

"Kegiatan dijadwalkan dimulai pada tanggal 12 Maret sampai 18 Maret 2023. Selain itu, nanti juga akan ada upacara ritual Mamapas Lewu dan Laluhan," pungkasnya.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama