DLH Tanbu Hadirkan Program Madinah Berseri

DLH Tanbu Hadirkan Program Madinah Berseri

LAUNCHING dan rapat koordinasi Madinah Berseri untuk persiapan penilaian penerapan Adipura lokal.| foto : ade

BATULICIN — Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menghadirkan inovasi berupa program Masyarakat Peduli Keindahan Bersih dan Lestari (Madinah Berseri), di ruang rapat DLH, Kamis (9/3/2023). 

Program tersebut merupakan amanah dan keinginan dari Abah Bupati dr. H.M Zairullah Azhar untuk membuat adipura lokal.

Launching tersebut sekaligus rapat koordinasi persiapan penilaian penerapan Adipura Lokal Desa/Kelurahan yang dihadiri 12 Kecamatan.

Ia menjelaskan, Madinah Berseri dengan filosofi melalui Akal Beriman yakni Adipura Lokal Menuju Lingkungan Yang Bersih, Indah dan Nyaman.

Rahmat Prapto Udoyo meminta bantuan dari pihak kecamatan untuk mensosialisasikan program tersebut kepada kepala desa hingga tingkat RT.

"Camat adalah pejuang dan penggerak di tingkat kecamatan," ungkapnya.

Ia berharap, pemerintah desa juga dapat mengalokasikan dana kebersihan melalui Dana Desa untuk program-program kebersihan, melalui gotong royong sehingga tidak lagi meminta DLH membersihkan. 

Sekedar informasi, Kabupaten Tanah Bumbu pada tahun 2023 ini mendapatkan penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Dari penghargaan Adipura Nasional itulah tercetus gagasan untuk membuat Adipura Lokal Desa/Kelurahan di Tanah Bumbu.

Hadir diacara tersebut, Kepala DLH Rahmat Prapto Udoyo, Camat Kusan Hilir Suparman, Kabid Pengelolaan Sampah Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3) Indah Maya Suryanti, Pengendali Dampak Lingkungan Sukmaraga, dan tamu undangan lainnya.[ade]

Lebih baru Lebih lama