Dinas PMD Kapuas Fasilitasi Kegiatan TOC dari Lakpesdam PBNU Untuk Empat Desa

Dinas PMD Kapuas Fasilitasi Kegiatan TOC dari Lakpesdam PBNU Untuk Empat Desa

SUASANA Kegiatan TOC dari Lakpesdam PBNU di Aula DPMD Kapuas.| foto : zulkifli 

KUALA KAPUAS - Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar kegiatan Theory Of Change (TOC) atau teori perubahan dengan mengundang perwakilan pemeritah desa dari 4 desa yang menjadi lokasi program penguatan pemerintah dan pembangunan desa, kegiatan digelar di Aula DPMD Kapuas, Senin (6/3/2023).

Kegiatan ini diikuti kepala desa, BPD, perwakilan masyarakat desa, perwakilan perempuan, kaum disabilitas dan lainnya berasal dari 4 desa yang merupakan Desa Inklusif, yaitu Desa Warga Mulya, Desa Manusup, Desa Maluen, dan Desa Anjir Serapat Baru. 

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala DPMD Kapuas, Budi Kurniawan bersama Ketua PCNU Kabupaten Kapuas, KH Nurani Sarji, dihadiri Kabid Pemberdayaan Desa dan Kelurahan, Syaiful Fadjri, dari Lakpesdam PBNU Mu'awanah, dan Lakpesdam PCNU Kapuas, serta pihak terkait lainnya.

TOC ini merupakan program penguatan pemerintah dan pembangunan desa (P3PD) kerjasama antara Lakpesdam PBNU dan Kemendes PDTT RI.

"Kami DPMD memfasilitasi kegiatan ini. Yang bertujuan untuk kita memberikan ruang bagi kaum atau kelompok marjinal yang ada di desa. Seperti kaum perempuan, dan juga anak-anak serta kaum disabilitas untuk bisa memberikan akses kepada mereka supaya di desa ini bisa berkembang," kata Kabid Pemberdayaan Kelurahan dan Desa DPMD Kapuas, Syaiful Fadjri.

Perwakilan Lakpesdam PBNU Pusat, Mu'awanah mengatakan pihaknya dalam kegiatan ini menggandeng Lakpesdam PCNU Kapuas untuk melakukan TOC sebagai pembuka program penguatan pemerintahan dan pembangunan desa di Kabupaten Kapuas. 

"Di mana di Kapuas ini terdapat 4 desa yang diharapkan jadi desa percontohan. TOC ini bertujuan untuk membangun mimpi dari empat desa ini, sehingga nanti ketika teman teman dari Lakpesdam PCNU Kapuas dalam mendampingi bisa lebih terstruktur kegiatan apa yang dilakukan," kata Mu'awanah.

Sementara itu berbagai materi-materi diberikan dalam kegiatan TOC yang dilaksanakan Lakpesdam PBNU bersama Lakpesdam PCNU Kabupataten Kapuas.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama