Arahan Bupati Pulang Pisau ke DLH terkait Persampahan

Arahan Bupati Pulang Pisau ke DLH terkait Persampahan

PULANG PISAU - Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang mengintruksikan atau mengarahkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH mengandeng pihak ketiga untuk mendukung pelaksanaan program dinas dalam rangka memaksimalkan anggaran terkait penangan sampah.

Itu disampaikan orang nomor satu di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini pada Rapat Forum Perangkat Daerah di Aula Bappedalitbang daerah setempat, belum lama tadi.

"Maksud pihak ketiga disini bisa pelaku dunia usaha dan perbankan. Untuk perbankan saya sendiri sudah melakukan komunikasi, selanjutnya saya minta DLH menindaklanjutinya,"  kata Taty Narang. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala DLH Pulang Pisau Hendri Arroyo menyebut pihaknya akan segera menindaklanjuti arahan tersebut. 

Diakuinya, saat ini anggaran di DLH sendiri  belum memadai. Oleh karenanya atas arahan yang disampaikan kepala daerah (Bupati), akan segera ditindaklanjuti.

"Sebab, masalah persampahan ini menjadi program prioritas kita. Apalagi Ibu Bupati meminta pengelolaan sampah perlu tambahan anggaran," ujar Hendri sapaan akrab Kepala DLH Pulang Pisau.

Sebagai leading sektor, sebut Hendri, pihaknya akan  membangun integrasi penanganan persampahan bersama pihak ketiga termasuk dunia usaha dan perbankan.

"Kemarin waktu di Jakarta, Ibu Bupati juga menyampaikan bahwa sudah membantu memfasilitasi dan mengkomunikasikan dengan pimpinan Bank Kalteng dan Bank BNI, khusus bank BNI ada BNI Smart dalam program pemberdayaan masyarakat Bank Sampah," ungkapnya.

Sebelumnya, tambahnya Hendri, DLH Kabupaten Pulang Pisau sendiri sudah mengajukan usulan berupa bak sampah. Namun, kepala daerah (Bupati) menginginkan bantuan tersebut berupa armada untuk mengangkut sampah. 

Ungkapnya, saat ini penanganan persampahan di wilayah perkotaan Pulang Pisau masih terkendala lahan untuk Tempat Penampungan Sementara (TPS).

Saat ini pun, lahan untuk TPS masih meminjam tanah warga, termasuk armada pengangkut ke TPA.

"Jadi harapan Ibu Bupati kita, diprioritaskan dalam APBD, khusus penanganan persampahan juga diminta untuk membangun integrasi dengan pihak ketiga. Sehingga kita memerlukan opsi bagaimana nantinya sampah dapat diminimalkan volumenya ke TPA salah satunya melalui bank sampah," tukasnya.

Selain masalah persampahan, Bupati Pulang Pisau juga menekankan pihak PDAM untuk memaksimalkan pelayanannya kepada masyarakat.[manan]

Lebih baru Lebih lama