Susun Rancangan Awal Rencana Kerja 2024, Diskominfo SP Tanbu Gelar Pertemuan Forum Perangkat Daerah

Susun Rancangan Awal Rencana Kerja 2024, Diskominfo SP Tanbu Gelar Pertemuan Forum Perangkat Daerah

KEPALA Diskominfo SP Tanah Bumbu, Ardiansyah memaparkan rancangan awal rencana kerja tahun 2024.| foto : istimewa

BATULICIN — Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Tanah Bumbu menyelenggarakan pertemuan Forum Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja (Renja) Tahun 2024 di Kantor Diskominfo SP, Batulicin, Senin (13/2/2023).

Asisten III Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Andi Aminuddin melalui Kepala Diskominfo SP Ardiansyah mengatakan forum ini bertujuan untuk menyatukan persepsi, sinkronisasi, menyelaraskan tujuan, sasaran, program, dan kegiatan yang telah menjadi ketetapan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026 Kabupaten Tanah Bumbu yang semakin maju sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Tanah Bumbu yakni Membangun Tanah Bumbu yang Maju, Unggul, Mandiri, Religius, dan Demokratis.

"Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah adalah motto Kita bersama, untuk itu peran Diskominfo SP agar meningkatkan lagi dari apa yang sudah dicapai saat ini dalam memfasilitasi komunikasi pemerintah dengan masyarakat serta pelayanan yang sudah sangat baik dan diharapkan fungsi pelayanan dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat" kata Kepala Diskominfo SP, Ardiansyah.

Ia mengemukakan ada tiga isu strategis dari DiskominfoSP untuk pembangunan Tanah Bumbu ke depan, yang pertama, optimalisasi sistem pemerintahan berbasis elektronik, kedua, mewujudkan satu data pembangunan, dan yang ketiga, optimalisasi keamanan informasi.

Dari bahasan yang disampaikan, program rencana kerja Diskominfo SP banyak sekali yang bersinergi dengan SKPD lain. 

"SKPD yang terkait dengan Ranwal Renja Diskominfo SP Tahun 2024 bisa saling mendukung seluruh sasaran pembangunan agar terciptanya pemerintahan yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat Tanah Bumbu," harapnya.

Kepala Bidang Perekonomian SDA, Infrastruktur, dan Kewilayahan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang), Untung Riaman mengatakan sesuai arahan Presiden, bahwa pemerintah daerah harus bisa merancang kotanya dengan baik, sehingga memiliki diferensiasi dan memaksimalkan potensi daerah.

"Diskominfo SP dan seluruh SKPD Kabupaten Tanah Bumbu harus bahu membahu untuk mewujudkan semua Rencana Kerja yang sesuai dengan RPJMD," kata Untung Riaman.

Lanjutnya, untuk Diskominfo SP, ada di tujuan ke-6 RPJMD yakni mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, dengan indikator nilai indeks reformasi birokrasi.

Dari 23 sasaran RPJMD, Diskominfo SP bersinergi dengan SKPD terkait bertujuan melaksanakan sasaran ke-20 yakni meningkatkan kualitas, akuntabilitas, dan kapabilitas kinerja pemerintah daerah, lalu di sasaran ke-21 yakni meningkatkan kualitas pelayanan publik yang prima.[ade]

Lebih baru Lebih lama