Peserta Didik PKBM Kintap Cerdas Dapat Pelatihan Keterampilan Hidroponik dari PT Arutmin

Peserta Didik PKBM Kintap Cerdas Dapat Pelatihan Keterampilan Hidroponik dari PT Arutmin

PELATIHAN hidroponik bagi peserta didik Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kintap Cerdas di pusat pelatihan Si Mantap, Rabu (22/2/2023).| foto : andra

PELAIHARI - PT Arutmin Indonesia Tambang Kintap melalui program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM), menyelenggarakan pelatihan hidroponik.

Pelatihan hidroponik dilaksanakan untuk peserta didik Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kintap Cerdas di pusat pelatihan Si Mantap, Rabu (22/2/20223).

Pelatihan Hidroponik skala rumah tangga ini, bertujuan untuk menambah keterampilan peserta didik PKBM yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga.

Selain itu, terdapat peserta pelatihan dari BUMDes Berkah Mulia dari Desa Bukit Mulia dan BUMDes Mitra Jaya Abadi dari Desa Mekarsari. 

PT Arutmin bekerja sama dengan TALA Farm, Danny Komara sebagai pemateri dan trainer pembuatan instalasi hidroponik hingga penanaman media.

Yudo Prakoso selaku Superintendent CDEA, yang mewakili Kepala Teknik Tambang Arutmin Kintap membuka agenda pelatihan hidroponik, pihaknya apresiasi kepada peserta PKBM yang didominasi para ibu rumah tangga.

Ia menyebutkan, di tengah kesibukannya sebagai seorang ibu masih dapat membagi waktunya dengan melanjutkan pendidikan PKBM selama 3 tahun lamanya. 

“Semoga pelatihan selama 2 hari ke depan dapat meningkatkan pengetahuan peserta dan diuji coba untuk skala rumah tangga sehingga dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga, serta pengembangan usaha dengan skala yang lebih besar dengan pendampingan dari Arutmin," katanya.

Yudo Prakoso, mengucapkan rasa terima kasih kepada narasumber yang telah meluangkan waktunya dan semoga para peserta pelatihan dapat proaktif selama mengikuti pelatihan. 

"Semoga pelatihan ini berjalan dengan lancar sehingga peserta pelatihan bisa langsung mengaplikasikan hidroponik di rumah masing-masing dan hal ini menjadi salah satu potensi unit usaha bagi BUMDes binaan Arutmin," ujarnya.

Masih di kesempatan yang sama, Supervisor CDEA Arutmin Kintap, Rahmat Syahputra menyampaikan, pelatihan akan diselenggarakan selama 2 hari, dari 22 dan 23 Februari 2023 dengan total peserta sebanyak 25 orang.

Rahmat, menyampaikan laporan program PPM CDEA pada bidang pendidikan khususnya pendidikan kesetaraan Kejar Paket A, B dan C yang telah diselenggarakan sejak dari 2019. 

"Ini merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap indeks pembangunan masyarakat," ucapnya.

Menurutnya, selain pelajaran akademis, PT Arutmin Indonesia juga ikut serta meningkatkan keterampilan peserta didik salah satunya melalui program pelatihan hidroponik. 

“Rencana pelatihan ini sudah disusun sejak awal tahun namun baru terealisasi hari ini," ucapnya.

PT Arutmin Indonesia berharap, kata Rahmat, dengan pelatihan ini dapat menambah keterampilan, yakni sasarannya untuk skala rumah tangga. Dengan harapan ibu rumah tangga, dapat mengisi waktu luang menambah nilai ekonomis. 

Rahmat tambahkan, hidroponik juga bisa menjadi salah satu unit usaha bisnis BUMDes skala lebih besar.

"Pelatihan yang berlangsung selama 2 hari ini semoga dapat bermanfaat dan berkelanjutan dan dapat ikut membantu peningkatan pendapatan ekonomi," tandas Rahmat Syahputra.[]

Lebih baru Lebih lama