Lahan yang bakal Dibangun Lapas Balangan, Ditinjau Kakanwil

Lahan yang bakal Dibangun Lapas Balangan, Ditinjau Kakanwil

KAKANWIL Kemenkumham Kelsel meninjau lahan yang akan dibangun lapas di Balangan.| foto : istimewa 

PARINGIN - Lahan yang akan dibangun Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Kabupaten Balangan di tinjau  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kalimantan Selatan, Faisol Ali bersama jajaran, Rabu (1/2/2023).

Dalam peninjauannya, Kakanwil Kemenkumham Kalsel  Faisol Ali, didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sri Yuwono dan Kepala Divisi Keimigrasian, Junita Sitorus.

Lahan tersebut merupakan hibah dari Pemerintah Kabupaten Balangan kepada Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan untuk membantu merealisasikan Pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Kabupaten Balangan.

Tanah dengan luas ± 49.000 m² ini telah secara resmi dihibahkan dengan penyerahan sertifikat lahan kepada Kemenkumham Kalsel pada tahun 2021 silam. 

Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Faisol Ali mengatakan Pembangunan Lapas Balangan merupakan rencana strategis karena Balangan belum adanya fasilitas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

”Permasalahan kita selama ini adalah over kapasitas penghuni di seluruh Lapas di Kalimantan Selatan. Jika memiliki Lapas yang baru tentu kita bisa mengatasi permasalahan yang selama ini kita dapatkan karena over kapasitas penghuni, khususnya di Kalsel ini,” ujar Faisol Ali.

Ia berharap pembangunan Lapas baru di Balangan nantinya bisa mengatasi permasalah tersebut, bahkan lanjutnya pembangunan Lapas Balangan merupakan hal yang baik, terutama dalam pembinaan WBP.[agus/adv]
Lebih baru Lebih lama