Durian Gelapir, Kepala Dinas TPHP Kalteng: Durian Lokal yang Sudah Terdaftar di Kementan

Durian Gelapir, Kepala Dinas TPHP Kalteng: Durian Lokal yang Sudah Terdaftar di Kementan

VIRTUAL, Ketua TP PKK Kalteng menghadiri Gerakan Penanaman 1000 Pohon Serentak oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wury Ma'ruf Amin.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran, secara virtual dari UPT Balai Pengujian Mutu Pakan, Pembibitan dan Hijauan Makanan Ternak (BPMPPHMT) jalan Tjilik Riwut Km 38 Palangka Raya.

Kegiatan tersebut digelar secara Hybrid dan dipusatkan di Magelang Provinsi Jawa Tengah, Rabu (1/2/2023).

Pada kegiatan itu, Ivo mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng menanam durian varietas Gelapir sebanyak 1000 bibit. 

"Kegiatan ini salah satunya untuk penghijauan. Kita menanam pohon durian, kenapa kita pilih durian, karena ketentuannya yang ditanam harus tanaman kayu. Durian ini juga bisa kita manfaatkan buahnya," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalteng, Hj Sunarti mengungkapkan, durian gelapir yang ditanam tersebut merupakan durian lokal yang sudah terdaftar di Kementerian Pertanian (Kementan).

"Durian ini sudah terbukti dari cita rasanya bagus, jadi kita memunculkan produk asli genetik Kalimantan Tengah," ungkapnya.

Ia berharap, ketika durian tersebut panen nantinya, masyarakat bisa menyontoh dan menghasilkan durian Palangka Raya. 

"Selama ini yang kita kenal hanya durian Kasongan dan durian Puruk Cahu. Dengan ditanam durian gelapir ini maka Palangka Raya bisa punya durian sendiri," pungkasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama