Disdik Tanbu Lakukan Penurunan Angka Stunting

Disdik Tanbu Lakukan Penurunan Angka Stunting

KASI Kurikulum dan Penilaian Dinas Pendidikan Tanah Bumbu, Sumarman S.Pd, PAUD.| foto : istimewa

BATULICIN — Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mengambil langkah strategis dengan program kesetaraan pendidikan untuk ikut lakukan penurunan angka stunting di Kabupaten Tanah Bumbu.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Bumbu Eka Saprudin melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian, Sumarman S.Pd, PAUD ketika berkunjung ke Kantor Radio Swara Bersujud, Senin (13/2/2023).

Menurut Sumarman, kesetaraan dapat disebut sebagai salah satu upaya penurunan stunting itu digambarkan dari seorang anak sejak menempuh Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Ia menyebutkan bahwa data yang diterima oleh Dinas Pendidikan masih banyak anak putus sekolah terutama pada jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Maka dilakukan langkah penyetaraan pendidikan dengan menyediakan sekolah non formal seperti yang biasa disebut dengan sekolah paket A untuk SD, paket B setara dengan SMP, dan paket C setara dengan SMA," jelasnya.

Sementara, Pendidikan Anak Usia Dini saat ini juga sudah dituntut untuk bisa berkontribusi dalam upaya menekan angka stunting baik di kabupaten maupun provinsi dan bahkan di tingkat nasional.

"Untuk para tenaga pendidik atau guru yang bertugas di satuan PAUD diharapkan agar ikut serta memantau tumbuh kembang anak saat belajar di sekolah," harapnya.[ade]

Lebih baru Lebih lama