Dinkes Tanbu Sampaikan Isu Strategis Pembangunan

Dinkes Tanbu Sampaikan Isu Strategis Pembangunan

DINAS Kesehatan Tanah Bumbu menggelar Forum Perangkat Daerah Rancangan Awal Rencana Kerja 2024.| foto : istimewa

BATULICIN — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menyampaikan tiga isu strategis pembangunan untuk direalisasikan pada anggaran 2024.

“Pertama, meningkatkan status kesehatan masyarakat. Kedua meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, dan ketiga, meningkatkan akuntabilitas kinerja perangkat daerah,” kata Kepala Dinkes Tanbu, Setia Budi, Selasa (21/2/2023).

Tahun ini, tambahnya, Dinkes juga melakukan pencegahan pernikahan dini pada anak remaja dengan menerapkan metode yang berkesinambungan dengan kearifan lokal dengan melibatkan PKK.

Namun, dalam implementasinya para petugas tetap berpacu pada aturan dan data melalui pendataan keluarga.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Hj Wahyu Windarti menjelaskan bahwa PKK telah bersinergi dengan seluruh lintas sektor dalam menangani kasus pernikahan dini.

“Dampak lain perkawinan usia dini dapat memicu perceraian, karena secara fisik maupun mental memang belum siap, sehingga sering terjadi perselisihan dan sebagainya,” ujarnya.

Di sisi lain, perkawinan usia muda yang menyebabkan rahim masih belum siap dapat memicu anak yang dilahirkan menjadi stunting.

“Kolaborasi PKK dengan Dinas Kesehatan selalu mendapat respon positif dari masyarakat,” jelas Wahyu Windarti.[ade]

Lebih baru Lebih lama