Aplikasi Srikandi Wujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Kalteng

Aplikasi Srikandi Wujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Kalteng

SOSIALISASI aplikasi srikandi.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Ciptakan tata pengelolaan administrasi yang baik, Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi atau Srikandi.

Kegiatan yang dihelat di Aula Bappedalitbang tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H Edy Pratowo, Selasa (14/2/2023).

"Pentingnya pengelolaan arsip di lingkungan Pemerintah Daerah dikarenakan arsip merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Wagub Edy.

Dibeberkan, penerapan aplikasi Srikandi pada lingkungan instansi pemerintah dapat meningkatkan kualitas dan akuntabilitas dalam kearsipan serta menjadi memori kolektif bangsa, karena pengelolaan informasi berbasis digital dapat terekam dengan baik dan memudahkan koordinasi antar pemerintah. 

Diharapkannya, kolaborasi dan komitmen yang kuat dari seluruh stakeholders terkait untuk mengimplementasikan penyelenggaraan kearsipan agar efektif dan efisien. 

"Keberhasilan penerapan aplikasi Srikandi tak lepas dari peran, kolaborasi, dan komitmen kuat dari seluruh stakeholders terkait untuk segera mengimplementasikannya dalam rangka mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Provinsi Kalimantan Tengah," tukasnya. 

Diketahui, Srikandi merupakan aplikasi yang diluncurkan Pemerintah sebagai aplikasi umum bidang kearsipan yang mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama