Peran UMKM Harus Terlibat dalam Pameran BBI Kalteng

Peran UMKM Harus Terlibat dalam Pameran BBI Kalteng

RAPAT persiapan pameran BBI dan BBWI.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) menggelar rapat persiapan pameran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), Kamis (26/1/2023).

Rapat persiapan yang berlangsung di Ruang Rapat Bajakah Kantor Gubernur tersebut dipimpin oleh Plh Sekda Provinsi Kalteng, Leonard S Ampung.

Leonard mengatakan, sejalan dengan arahan Gubernur bahwa minimal setiap dua bulan sekali mengadakan event-event yang bisa meningkatkan peran UMKM untuk perekonomian Kalteng. 

"APBD kita sudah berjalan, tentunya ini sudah kita mulai dari tahun 2022 yang lalu proses program kegiatan yang tetap mengacu pada kegiatan Nasional," katanya saat memimpin rapat.

Gernas BBI Kalteng, ungkapnya, rencananya dilaksanakan pada bulan Juli mendatang yang mana bersamaan dengan puncak Hari Anak Nasional. 

"Kita bisa mengolaborasikan dengan event-event yang ada di Kalimantan Tengah, salah satunya event kepariwisataan dan kebudayaan. Dari sisi produk-produk kreatif, kita melibatkan semua komponen UMKM dan kita harus menyiapkan promosi secara masif dan juga bergaung Nasional," ucapnya.

Dalam rapat tersebut juga, dirinya meminta adanya sinergi dengan stakeholder terkait dan menetapkan tema lokal yang bisa menjadi brand dengan tetap mengacu pada tema Nasional. 

"Dari sekarang kita harus mendata, memberikan pembinaan dan pendampingan kepada UMKM, sehingga kita harus mempersiapkan dengan matang," tandasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama