Camat Sungai Loban Minta Jaga Bersama Aset dan Fasilitas Pendidikan untuk Keberlangsungannya

Camat Sungai Loban Minta Jaga Bersama Aset dan Fasilitas Pendidikan untuk Keberlangsungannya

CAMAT Agus Salim gotong royong bersama warga. | foto : istimewa

BATULICIN — Kecamatan Sungai Loban laksanakan salah satu program Giat Jumat yakni gotong-royong sekaligus monitoring dan evaluasi (monev) aset dan fasilitas sekolah. Camat Agus Salim, S.Ag., M.Ap bersama rombongan menyasar ke SDN Dermaga Desa Sebamban Baru lakukan bersih-bersih bersama pengajar dan pelajar,  Jumat (20/1/2023).

"Lokasi Dusun Dermaga jauh dari jangkauan sinyal telekomunikasi seluler, menyebabkan minim internet sehingga menjadi kendala pihak sekolah saat membuat laporan menggunakan aplikasi berbasis jaringan internet," ungkap Camat Agus Salim, S.Ag., M.Ap.

Camat juga memantau semua ruang dan terdapat beberapa bangunan retak dan tidak layak ditempati karena cukup berbahaya.

"Tempat publik khususnya aset dan fasilitas pendidikan, harus menjadi prioritas utama untuk bersama-sama dijaga  keberlangsungannya," tambahnya.

Camat juga melihat kondisi toilet sekolah yang kondisinya sudah tua, dari laporan pihak sekolah, WC tersebut sudah dibangun sejak lama, yang letaknya di belakang gedung kelas sebelah selatan dekat bantaran Sungai Sebamban ini tanahnya diklaim bukan aset milik sekolah. 

Agus Salim mengatakan ruang belajar SDN Dermaga sudah terbangun permanen, namun perlu dijaga kondisi bangunan dan kebersihan kelasnya.

Ia menyarankan terkait kepemilikan tanah dan tata ruang, agar ditata ulang sambil menunggu Kepala Desa Sebamban Baru yang definitif, sehingga kedepannya tidak memunculkan rasa was-was untuk membangun fasilitas," saran Camat Sungai Loban itu

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Dermaga Mariatul Qibtiah, S.Pd, mengungkapkan jumlah anak didik sesuai data Dapodik sebanyak 107 siswa, dengan tenaga guru saat ini berjumlah 10 orang, terdiri dari 2 orang PNS, 4 orang P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), 1 orang PTT dan 3 orang Honorer.

Salah satu tokoh masyarakat sekaligus pengajar mengatakan, tanah dibatas sebelah Barat SDN Dermaga telah dihibahkan oleh Kepala Desa Ilmi Umar, hal ini ditunjukkan dengan Surat Pernyataan Penguasaan Fisik Bidang Tanah (SPPFBT) tertanggal 29 Juli 2013 dan tanah tersebut sering dilakukan penambahan pembangunan ruang belajar pada Tahun 2013.

"Kepada tenaga pendidik maupun guru yang mengajar agar terus semangat untuk mendidik generasi muda yang cerdas, religius dan berprestasi," harap Camat Agus Salim.[ade]

Lebih baru Lebih lama