Sejumlah mantan Pimpinan Kejaksaan RI Gelar Syukuran HUT ke-56 KBPA

JAKARTA - Sejumlah mantan pimpinan Kejaksaan Republik Indonesian menggelar syukuran sekaligus bersilahturahmi bersama, di momen puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-56 Keluarga Besar Purna Adhyaksa (KBPA) di Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Ketua Umum KBPA, Noor Rachmad mengapresiasi acara syukuran tersebut, meski sebagian dilakukan secara tatap muka dan virtual dari berbagai daerah. Namun tidak memutus mata rantai silahturahmi sesama Insan Adhyaksa yang telah purnabakti atau pensiun.

"Kegiatan ini momen penting sebagai warga Purna Adhyaksa pada HUT ke-56 KBPA. Ini usia yang bukan waktu yang singkat sebagai manusia, usia cukup matang. Kita bisa lihat sebuah organisasi yang mateng karena solid, kuat, dan kompak," ujar Noor Rachmad.

Menurutnya, kepengurusan KBPA saat ini untuk meneruskan kepengurusan sebelumnya dan mampu memberikan harapan kepada purna Adhyaksa dan memberikan sumbangsih kepada Kejaksaan.

Diketahui bersama, KBPA merupakan sebuah organisasi nirlaba tanpa modal namun tetap eksis. 

"Saya juga mengapresiasi kepada semua pengurus, melihatnya dengan usia yang tidak muda lagi. Tapi semangat untuk bekerja serata semangat membesarkan KBPA ini," jelasnya.

Mantan Jaksa Agung Muda Pidana Umum dan Jamwas itu berharap ke depan perayaan HUT KBPA dapat dihadiri secara tatap muka.

"Insya Allah di masa-masa mendatang kita bisa hadir secara offline dan menghadirkan kita semua dan lebih besar dan diharapkan dapat bekerja dengan optimal sehingga bisa ketemu secara fisik," harapnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Noor Rachmad memberikan pantun sebelum tausiyah dibawakan oleh Ustadz Taufiqurrahman.

"Buah kelapa dimakan dengan jenang, buah kuweni di beli di Matraman, Alhamdulillah KBPA banyak yang senang dan diberikan tausiyah oleh Ustadz Taufiqurrahman," tutupnya.

Sedangkan Jaksa Agung, Burhanuddin mengatakan dalam sambutannya yang disampaikan Jaksa Agung Muda bidang Intelijen, Amir Yanto, adanya pengurus dan anggota KBPA merupakan senior dan mentor bagi Kejaksaan yang telah terlebih dahulu mendarmabaktikan jiwa dan raganya untuk Korps Adhyaksa.

"Tak lupa atas nama pribadi maupun institusi, saya mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia penyelenggara yang telah menginisiasi dan memfasilitasi acara ini sehingga acara ini dapat terlaksana serta berjalan sesuai dengan rencana sehingga semakin memperkuat dan mempererat tali silaturahmi," ucap Burhanuddin melalui Amir.

Amir  juga menyampaikan, pada peringatan HUT ke-56 KBPA ini semua diberikan nikmat panjang umur dan nikmat sehat sehingga dapat berkumpul kembali dalam peringatan hari ulang tahun KBPA di tahun berikutnya dengan keadaan yang lebih baik lagi tentunya dalam nuansa kekeluargaan dan persatuan dalam ikatan batin Insan Adhyaksa.

"Memaknai peringatan HUT ke-56 KBPA ini tidak semata-mata hanya sebagai kegiatan rutin tahunan bagi para Purna Adhyaksa. Melainkan harus dimaknai sebagai bentuk rasa syukur atas eksistensi Korps Kejaksaan yang saat ini mendapatkan tingkat kepercayaan publik tertinggi diantara lembaga penegak hukum lainnya," tuturnya.

Burhanuddin juga menyampaikan indeks kepercayaan publik terhadap Kejaksaan mencapai 75 % menurut Survei Indikator Politik Indonesia dan mencapai 60 % berdasarkan Lembaga Survei Indonesia (LSI). 

"Selanjutnya Kejaksaan RI juga mendapatkan apresiasi di taraf nasional maupun internasional yang salah satunya dari International Association of Prosecutors (IAP) berupa Special Achievement Awards, yakni penghargaan bergengsi pada tingkat internasional yang hanya didapatkan dua negara di dunia salah satunya Indonesia oleh Kejaksaan RI," paparnya.

Ini, kata dia, tidak terlepas dari pengabdian dan kerja keras seluruh jajaran Korps Adhyaksa dari seluruh penjuru tanah air. Tentunya, capaian ini menjadi momentum bagi Korps Adhyaksa untuk terus kerja secara nyata untuk mempersembahkan kinerja terbaik dan pelayanan prima bagi masyarakat pencari keadilan.

"Kita semua menyadari segala bentuk prestasi dan keberhasilan yang telah mengantarkan Kejaksaan hingga seperti yang kita saksikan bersama hari ini, tidak terlepas berkat rintisan, hasil kerja, perjuangan dan jerih payah dari apa yang telah dilakukan oleh para senior pendahulu kami. Yang semuanya didedikasikan dengan penuh kesungguhan, ketulusan, keikhlasan serta pengorbanan dan tidak mengenal lelah," ungkapnya.

Pada kesempatan itu Burhanuddin selaku Jaksa Agung menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap KBPA atas semua sumbangsih, kontribusi dan kolaborasi yang telah diberikan bagi eksistensi, kemajuan serta perbaikan institusi Kejaksaan selama ini. 

"Kami patut berbangga memasuki usia yang ke-56 menunjukan eksistensi dan kedewasaan organisasi KBPA. KBPA senantiasa hadir dalam mendukung penuh tupoksi dan penguatan lembaga guna kebaikan Kejaksaan di masa mendatang," tuturnya.

Jaksa Agung juga mengapresiasi peran KBPA yang hadir di tengah masyarakat dalam meringankan beban saudara yang sedang tertimpa musibah pada kejadian gempa Cianjur beberapa waktu lalu. 

"Ini merupakan wujud kecintaan dan kepedulian seluruh KBPA kepada masyarakat, bangsa dan negara sehingga sepatutnya semangat tersebut terus ditingkatkan. Meskipun sudah tidak berkarya di korps kita tercinta ini, namun tidak menghalangi untuk terus memberikan pengabdian dan dedikasinya," puji Burhanuddin.

Karenanya, dia berharap kepada warga purnabakti Adhyaksa untuk tetap berkiprah dan memberikan sumbangsih pemikiran terutama untuk pembenahan Korps Adhyaksa di masa mendatang. Pengalaman dan perjalanan panjang sangat berharga demi menjadikan institusi ini menjadi lembaga yang profesional dan modern. 

"Kami membuka kesempatan seluas-luasnya ruang diskusi dalam rangka memajukan Korps Adhyaksa yang kita cintai dan banggakan ini," pintanya.

Di akhir sambutannya yang disampaikan Amir, Jaksa Agung secara nama pribadi dan institusi mengucapkan Selamat Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 bagi seluruh Keluarga Besar Purna Adhyksa yang merayakan. 

"Semoga Natal tahun ini membawa kebaikan dan kedamaian bagi kita sekalian. Sekali lagi kami mengucapkan selamat memperingati HUT ke-56 KBPA kiranya syukuran ini mendapatkan ridho dari Allah subhanahu watta’ala, bagi kita semua, khususnya Keluarga Besar Purna Adhyaksa, untuk memperoleh kekuatan serta kemudahan dalam upaya menyempurnakan pengabdian bagi masyarakat, bangsa dan negara," tandasnya.[rilis/deni]

loading...