Kebudayaan Adat Desa Meriahkan Tala Expo Hari Jadi Ke-57 Tanah Laut

Kebudayaan Adat Desa Meriahkan Tala Expo Hari Jadi Ke-57 Tanah Laut

PELAIHARI - Kepala Bidang Bina Pengembangan Kawasan Perdesaan pada DPMD Tanah Laut (Tala), Ary Setyawan Hiung saat ditemui pada Sabtu (3/12/2022) menyampaikan, pada Tala  Expo dalam rangka Hari Jadi ke-57 Kabupaten Tala 2022 ini DPMD  melibatkan setidaknya 3 lembaga adat desa/kelurahan.

Ia menyebutkan, Kabupaten Tanah Laut yang memiliki ragam suku dan kesenian dengan adat istiadat yang dilakukan secara turun-temurun.

“Kita melibatkan ada tiga Kelembagaan Adat Desa/ Kelurahan pada Expo tahun ini untuk datang dan menampilkan kesenian mereka," ucapnya.

Menurutnya, ke depan pihaknya ingin mengadakan semacam Expo untuk Kelembagaan Adat Desa/ Kelurahan se-Tala. Ini diharapakan bisa terealisasi.

Ary menyampaikan, secara keseluruhan total Lembaga Adat Desa/Kelurahan se-Kabupaten Tala sampai saat ini berjumlah 38 lembaga. Adapun Kelembagaan Adat Desa/Kelurahan yang ikut memeriahkan kegiatan Expo Tala tahun ini secara bergantian.

Di antaranya, lanjutnya, Lembaga Adat Dayak Meratus Desa Riam Adungan Kecamatan Kintap, kesenian Tarian Baigal dan Tarian Barongsai.

Kemudian, Lembaga Adat Kayuh Baimbai Desa Tambang Ulang Kecamatan Tambang Ulang, dengan kesenian Sinoman Hadrah, dan Lembaga Adat dari Desa Sambangan dengan kesenian Beladiri Kuntau. 

Sementara itu, Pejabat Fungsional Tertentu (JFT) Penggerak Swadaya Masyarakat pada DPMD Tala, Siti Zaleha berharap dengan diundangnya Lembaga Adat Desa/ Kelurahan pada kegiatan Expo  tahun ini bisa terus melestarikan dan mengenalkan budaya dan kesenian yang mereka miliki.

“Kita berharap dengan adanya perhatian kepada kelembagaan adat desa/kelurahan  bisa semakin memberdayakan masyarakat adat yang tersebar di desa-desa ataupun kelurahan di Tala termasuk juga kesenian-kesenian yang mereka miliki," ungkapnya.[advertorial]


Lebih baru Lebih lama