Bappeda Kotabaru Gelar Forum Satu Data, Satu Peta Indonesia

KOTABARU - Penandatangan berita acara kesepakatan bersama dan launching Web Satu Data digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kotabaru, di Hotel Grand Surya, Rabu (30/11/2022).

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kotabaru, Drs Murdianto secara resmi membuka kegiatan Forum Satu Data, Satu Peta ini.

Dalam sambutannya, Ia mengatakan, Forum Satu Data Kabupaten Kotabaru berperan penting untuk meningkatkan wawasan dan menyamakan persepsi guna mewujudkan Satu Data Indonesia di tingkat daerah yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan. 

"Yang lebih penting, sistem Satu Data ini adalah agar mudah diakses dan dibagi pakaikan antar Instansi Pusat maupun daerah, agar terwujudnya sistem Pemerintahan yang efesien, efektif, transparan dan akuntabel," jelasnya.

Menurut Murdianto, lebih jauh diperlukan komitmen, kolaborasi, koordinasi dan sinergi seluruh pihak terkait. Ini agar Satu Data di Kabupaten Kotabaru bisa berjalan dengan optimal, sehingga memberikan manfaat bagi pembangunan daerah. 

Sementara itu, Kepala Bappeda Kotabaru sekaligus penyelenggara Satu Data Indonesia, Ir Rurien Srihardjanti mengungkapkan, peran Satu Data sangat menentukan dalam pengambilan keputusan, kebutuhan.

Untuk itu, Pemerintah sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan. Suatu hal yang mendasar data yang berkualitas merupakan salah satu kunci keberhasilan pembangunan yang tepat berguna, dan tepat sasaran, adaptif yang berkelanjutan.

"Ini sesuai dengan yang disampaikan Presiden Joko Widodo. Data ini adalah jenis kekayaan baru, saat ini data adalah new oil dan bahkan lebih berharga dari minyak data yang Valid menjadi salah satu Kunci pembangunan," pungkasnya.[zainuddin]



loading...