Peringatan HKN ke 58, Dinkes Kapuas Sampaikan Kembali Arahan Menkes

Peringatan HKN ke 58, Dinkes Kapuas Sampaikan Kembali Arahan Menkes

PERINGATAN HKN ke 58 dan Hari Diabetes Sedunia di Kapuas.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Selain masih fokus pada penanganan Covid-19, di bidang kesehatan pemerintah saat ini juga melakukan kegiatan lainnya yang menjadi prioritas nasional.

Demikian disampaikan Plt Kepala Dinkes Kapuas, dr. Tonun Irawati Panjaitan mengutip kembali arahan Menkes RI pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022 di Halaman Citimall Jalan Pemuda Kuala Kapuas, Jumat (25/11/2022).

"Tema Hari Kesehatan Nasional  kali ini adalah “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku," sebut Tonun.

Dikatakan, kegiatan lainnya di bidang kesehatan yang merupakan prioritas nasional yakni penurunan angka kematian ibu dan bayi, penurunan angka stunting, memperbaiki penanganan jaminan kesehatan nasional, meningkatkan kemandirian penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri.

"Saat ini fokusnya adalah transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar,  yakni transformasi layanan primer, layanan rujukan, ketahanan kesehatan, pembiayaan kesehatan, transformasi SDM dan teknologi kesehatan," paparnya.

Atas nama Pemerintah daerah Ia juga menyampaian apresiasi dan terimakasih kepada para tenaga kesehatan di wilayah setempat.

"Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada  tenaga kesehatan yang telah berjuang bersama-sama dalam melaksanakan pembangunan kesehatan di Kanupaten Kapuas. Saya berharap agar para tenaga kesehatan tetap yang pertama terus mendorong terbangunnya gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat," pesan Tonun.

Kemudian para Nakes  terus mendoromg masyarakat memeriksa kesehatannta secara rutin.

"Baik itu pemeriksaan ibu hamil, tumbuh kembang balita, imunisasi dan lain lain. Terus mengembangan diri dan organisasi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," pungkasnya.

Ketua Panita Kegiatan HKN ke 58 Dinkes Kapuas, dr H Ahmad Haspiani, menambahkan  pada momen itu Dinkes Kapuas bersama Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Cabang Kapuas sekaligus memperingati Hari Diabetes Sedunia (World Diabetes Day) yang mengusung tema ”Education to Protect Tomorrow” atau  Edukasi Untuk Melindungi Hari Esok”.

Berbagai rangkaian acara digelar pada peringatan tersebut  mulai jalan santai, upacara, penyerahan konci mobil ambulan, potong tumpeng dan ramah tamah.

Tak hanya itu, pihaknya juga menggelar pemeriksaan kesehatan, bakti sosial donor darah, senam kreasi hinngga bagi-bagi doorprize.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama