Bawaslu Kapuas Gelar Sosialiasi Partisipatif dan Diskusi Forum Warga

Bawaslu Kapuas Gelar Sosialiasi Partisipatif dan Diskusi Forum Warga

KEGIATAN Sosialiasi Partisipatif Bawaslu Kapias.| foto : zulkifli 

KUALA KAPUAS - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  Kabupaten Kapuas, Kalteng, menggelar kegiatan Sosialisasi Partisipatif dan diskusi forum warga, di auala Kantor Kecamatan Selat, Jalan T. Bungai Kuala Kapuas, Jumat (25/11/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam persiapan pengawasan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 mendatang.

Kegiatan dibuka oleh Komisioner Bawaslu Kalteng Divisi Pencegahan Parmas dan Humas, Hj Siti Wahidah, turut hadir anggota Bawaslu Provinsi lainnya, Winsi Kuwu Divisi SDM Organisasi, Ketua Bawaslu Kapuas Iswahyudi Wibowo dan seluluh komisioner Bawaslu Kapuas.

"Peran serta masyarakat dalam hal partisipasi pengawasan sangat diperlukan baik itu dalam hal pencegahan atau melaporkan adanya pelanggaran Pemilu," kata Ketua Bawaslu Kapuas  Iswahyudi Wibowo.

Ia juga menegaskan, bahwa para ormas maupun lembaga dan seluruh elemen masyarakat memiliki peran penting dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 mendatang. Salah satunya adalah dalam mencegah terjadinya konflik maupun berbagai pelanggaran Pemilu lainnya.

"Bahwa pelanggaran pemilu dapat kita cegah apabila pengawasan dilakukan maksimal," kata Iswahyudi.

Sementara itu Nara Sumber dari Kesbangpol Kapuas Nanang, menyebutkan sosialisasi bertujuan mengajak masyarakat dan pemilih ikut serta melakukan pengawasan partisipatif pada Pemilu 2024, serta memerangi hoaks, SARA, dan ujaran kebencian dalam pemilu serentak.

Dalam sosialiasi ini diikuti sejumlah anggota dan pengurus ormas di Kapuas, diantaranya dari DPD Fordayak, Gerdayak dan DPD Perpedayak.

Acara juga diisi dengan penandatanganan komitmen bersama membangun pemilu berintegritas.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama