Perhutanan Sosial Bantu Perekonomian Masyarakat di Sekitar Kawasan Hutan

Perhutanan Sosial Bantu Perekonomian Masyarakat di Sekitar Kawasan Hutan

ASISTEN Ekbang Leonard S Ampung saat membacakan sambutan Sekda Provinsi Kalteng.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang), Leonard S Ampung membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Kelompok Kerja (Pokja) Percepatan Perhutanan Sosial (PPS).

Rakor dengan mengusung tajuk "Kolaborasi, Sinergisitas, Monitoring, Evaluasi dan Rencana Kegiatan Kelompok Kerja Perhutanan Sosial Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022" tersebut digelar di Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya, Senin (7/11/2022). 

Asisten Ekbang menyampaikan amanat Sekda mengatakan bahwa PPS merupakan upaya pengentasan kemiskinan dan konflik tenurial sebagai bagian dari kebijakan pemerataan ekonomi dengan memberikan akses kelola kepada masyarakat di sekitar kawasan hutan. 

"Perhutanan Sosial memiliki lima skema, yakni Hutan Desa, Hutan Kemasyarakatan, Hutan Tanaman Rakyat, Hutan Adat, dan Kemitraan Kehutanan. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mendukung penuh kegiatan ini melalui pembinaan ke daerah," ucapnya.

Diharapkan, lanjutnya, melalui Dinas Kehutanan/KPH sebagai ujung tombak pembangunan kehutanan pada Provinsi Kalteng bisa terlaksana dengan baik.

"Dengan potensi Sumber Daya Alam yang melimpah yang dimiliki Kalimantan Tengah, kiranya cukup untuk mendukung pembangunan kehutanan yang berkelanjutan, mendukung program-program daerah dan nasional, yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan hutan," tukasnya.[kenedy/adv]


Lebih baru Lebih lama