KPU Kapuas Sosialisasi Pembentukan Badan Ad Hoc Pemilu 2024 dan Pengenalan Aplikasi SIAKBA

KPU Kapuas Sosialisasi Pembentukan Badan Ad Hoc Pemilu 2024 dan Pengenalan Aplikasi SIAKBA

SOSIALISASI Pembentukan Badan Ad Hoc Pemilu 2024 dan Pengenalan Aplikasi SIAKBA KPU Kapuas.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas, Kalteng gelar sosialisasi pembentukan Badan Ad Hoc pemilu dan pemilihan serentak 2024 serta pengenalan aplikasi  SIAKBA, dilaksanakan di Hotel Fovere Jalan Pemuda Kuala Kapuas, Kamis (10/11/2022).

Sosialisasi ini dihadiri jajaran dan seluruh Komisioner KPU Kabupaten Kapuas serta mengundang Komisioner KPU Provinsi Kalimantan Tengah, Eko Wahyu Sulistyobudi sebagai narasumber.

Acara tersebut dihadiri instansi terkait, TNI, Polri, Bawaslu Kapuas serta para camat dan perwakilan Ormas keagamaan setempat.

Ketua KPU Kapuas Adiresido menyampaikan Badan Ad Hoc yang dimaksud yakni panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

"Kami mengajak hadirin para  tamu peserta untuk mengajak sanak saudaranya untuk menjadi Badan Ad Hoc di wilyah kerja KPU Kabupaten Kapuas pada Pemilu 2024 mendatang," kata Adiresido.

Sementara, Komisioner KPU Provinsi Kalimantan Tengah, Eko Wahyu Sulistyobudi mengatakan sosialisasi pembentukan badan Ad Hoc tersebut persiapan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pemilu 2024.

"Di Kabupaten Kapuas ini ada 17 kecamatan dan 231 desa/kelurahan jadi kita informasikan kepada semua pihak tahun 2022 ini, Insya Allah di bulan Oktober kita akan membuka proses pendaftaran badan Ad Hoc," kata Eko Wahyu.

Lanjutnya, sedikit berbeda dengan proses rekrutmen Pemilu sebelummya, dimana saat ini proses pendaftaran melalui aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc atau SIAKBA.

"Jadi aplikasi SIAKBA ini merupakan alat bantu dalam rangka proses pendaftaran untuk mempermudah calon anggota Badan Adhoc khusunya PPK/PPS yang  lokasinya jauh dari kecamatan masih bisa mengunakan smarphonenya untuk proses pendafraran," ungkapnya.

Menurutnya, fungsi lain dari aplikasi SIAKBA tersebut juga sebagai base data dan bank data.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama