Dialog Dengan Petani, Legislator Senayan Bambang Purwanto Berpesan Rawat Bantuan Alsintan yang Diterima

ANGGOTA DPR RI, Bambang Purwanto foto bersama masyarakat petani di Kapuas.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Di sela kegiatan menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada puluhan kelompok tani di Kabupaten Kapuas, 
anggota DPR RI Dapil Kalimantan Tengah Bambang Purwanto menyempatkan diri melakukan dialog bersama petani dan penyuluh, Jumat (11/11/2022).

Kesempatan itu dimanfaatkan petani menyampaikan harapan serta aspirasi mereka kepada legislator Bambang Purwanto pada kegiatan yang digelar di halaman Dinas Pertanian Jalan Pemuda, Kuala Kapuas.

Bambang Purwanto, anggota Komisi IV DPR RI menyerahkan bantuan Alsintan dan bantuan lain di bidang pertanian kepada 38 kelompok tani di Kabupaten Kapuas.

"Bantuan ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian RI hasil aspirasi yang disampaikan masyarakat kepada saya,” kata Kader Partai Demokrat tersebut.

Bantuan yang diserahkan diantaranya hand tractor, cultivator, combine harvester, Unit Penggelola Pupuk Organik (UPPO) selain itu bantuan berupa pembanguan Jalan Usaha Tani, Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier alias RJIT dan lainnya.

"Harapan saya ini supaya dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan kelompok," pesannya kepada petani.

Ia meminta bantuan yang diterima dimanfaatkan dengan baik serta dipelihara dan dirawat.

"Jadi saya percayakan kepada kelompok untuk dirawat. Kalau perawatannya baik itu tahan lama. Dan setelah digunakan jangan ditinggal di lahan dibawa pulang dan dibersihkan Insya Allah awet," kata Bambang.

Wakil rakyat yang familiar dipanggil Pakde ini menandaskan bantuan alsintan dimaksudkan sebagai upaya untuk mempercepat proses transformasi teknologi bagi para kelompok tani agar lebih modern dan efektif.

Ia berharap, dengan adanya bantuan alsintan ini, bisa meningkatkan produktivitas hasil pertanian khususnya di Kabupaten Kapuas, juga bisa bertransformasi lebih modern dan efektif dari hulu hingga ke hilir yakni pemasarannya. 

Salah satu penerima bantuan tersebut, 
Ismadi dari Poktan Suka Makmur menyampaikan sangat bersyukur dan terima kasih.

"Dengan adanya bantuan ini nanti akan lebih maju lagI, akan berkembang lagi, mungkin dari penghasilan yang rata-ratanya masih  minim akan bertambah lebih luas lagi, lebih banyak lagi hasilnya," ujarnya.

"Kami sebagai petani, saya sangat mengucapkan terima kasih kepada dewan terutama Pakde yang telah membantu," pungkasnya.[zulkifli]

loading...