Tumbuhkan Industri Pariwisata di Kalteng dengan Gerakan Aksi Sapta Pesona

Tumbuhkan Industri Pariwisata di Kalteng dengan Gerakan Aksi Sapta Pesona

SEKDA Provinsi Kalteng, H Nuryakin saat membuka Gerakan Aksi Sapta Pesona, baru-baru ini.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi setempat pada pekan lalu mengelar Gerakan Aksi Sapta Pesona di Dermaga Kereng Bangkirai.

Digelarnya kegiatan itu diharapkan mampu menciptakan masyarakat aktif dan terlibat langsung dalam mewujudkan destinasi pariwisata yang mencerminkan nilai-nilai sapta pesona.

"Kegiatan ini bertujuan untuk membangun sistem pengembangan sadar wisata dan sapta pesona di destinasi pariwisata secara terpadu," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng, Adiah Candra Sari.

Sementara itu, Sekda Provinsi Kalteng, H Nuryakin menjelaskan bahwa program itu bertujuan untuk mendorong para pelaku usaha pariwisata dan industri kreatif untuk meningkatkan kesiapan, mengantisipasi perubahan dan melakukan adaptasi agar dapat menarik kembali kepercayaan dari wisatawan melalui empat aspek esensial di sektor parekraf, yakni kebersihan, keindahan, kesehatan, dan keamanan.

"Sadar wisata didefinisikan sebagai sebuah konsep yang menggambarkan partisipasi dan dukungan masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi pengembangan kepariwisataan di suatu wilayah atau tempat," ungkapnya, Senin (17/10/2022).

Sekda menyebut, suatu pembangunan dalam bidang apapun pasti tidak terlepas dari unsur kualitas, kuantitas dan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada. 

Pun, lanjutnya, dalam hal pembangunan bidang pariwisata yang akan dihadapkan pada dua sisi pendekatan program, yaitu program pembangunan pariwisata yang ditujukan langsung kepada SDM yang menjadi stakeholder dan program pembangunan pariwisata yang ditujukan langsung kepada SDM secara luas atau masyarakat umum khususnya masyarakat di sekitar destinasi pariwisata tersebut.[kenedy/adv]


Lebih baru Lebih lama