Rakordal Triwulan III, Sekda Pulang Pisau : Memasuki Triwulan IV Ini Serapan Anggaran Ditingkatkan

Rakordal Triwulan III, Sekda Pulang Pisau : Memasuki Triwulan IV Ini Serapan Anggaran Ditingkatkan

TONY Harisinta saat menyampaikan sambutan di Rakordal Triwulan III Tahun  2022.| foto : istimewa

PULANG PISAU - Bertempat di Aula Bappedalitbang Kabupaten Pulang Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), Selasa 11 Oktober 2022 kemarin sudah berlangsung Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Pelaksanaan Rencana Pembangunan Triwulan ke-III Tahun 2022.

Rakordal Triwulan ke-III dibuka secara resmi Sekretaris Daerah (Sekda) setempat Tony Harisinta didampingi Kepala Dinas Bappedalitbang, Juman dan dihadiri oleh seluruh Kepala OPD serta camat se-Kabupaten Pisau. 

Dia (Sekda Pulpis) mengatakan, memasuki Triwulan IV nantinya penyerapan anggaran agar dapat ditingkatkan dan setiap program kegiatan pembangunan yang dilaksanakan tidak hanya sekedar dilaksanakan tepat waktu dengan target yang telah ditetapkan, namun yang paling penting adalah bagaimana output dari setiap kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi kesejahteraan, pemulihan ekonomi masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan. 

"Jadi saya tegaskan dan tentu menjadi harapan saya pada bulan Oktober ini kita semua dapat kembali fokus supaya serapan anggaran dapat sesuai dengan target pada akhir tahun nanti," pintanya pada poin sambutan. 

Dikatakan Tony, sapaan akrab Sekda Pulang Pisau bahwa agenda Rakordal per triwulan ini merupakan sarana penyusunan pengendalian dan evaluasi perencanaan pembangunan daerah, yang bertujuan untuk mewujudkan konsistensi antara kebijakan dengan pelaksanaan serta hasil rencana pembangunan daerah, konsistensi perencanaan pembangunan nasional maupun daerah, serta kesesuaian antara capaian pembangunan daerah dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan. 

"Seperti kita ketahui bersama, rapat ini merupakan forum strategis dalam rangka melakukan evaluasi terhadap hasil pelaksanaan rencana pembangunan, khusus pada triwulan III dan memasuki triwulan IV tahun 2022," ungkap Sekda dalam sambutannya. 

Ditambahkan Sekda, pada bulan September lalu, Kabupaten Pulang Pisau melakukan perubahan APBD tahun 2022 dan aplikasi keuangan sempat ditutup. Akibatnya, ujar Tony, serapan pada bulan tersebut tidak terlalu naik signifikan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

"Oleh karenanya kita harapkan pada Oktober 2022 serapan anggaran bisa sesuai target yang diharapkan," tegasnya lagi. 

Kepada seluruh birokrasi di Kabupaten Pulang Pisau, mulai kabupaten, kecamatan, kelurahan/desa dapat melakukan budaya kerja yang baik serta komprehensif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta terus menjaga kualitas pelayanan publik dan akuntabilitas kinerja.

"Ini tidak lain agar semua memperoleh hasil terbaik di akhir tahun 2022," tukasnya.[rilis/manan]


Lebih baru Lebih lama