Raker Komwil V Apeksi Regional Kalimantan, Ini Harapan Wagub Kalteng

Raker Komwil V Apeksi Regional Kalimantan, Ini Harapan Wagub Kalteng

WAGUB Kalteng, Edy Pratowo menyampaikan sambutan pada Raker Komwil V Apeksi Regional Kalimantan.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Setiap anggota Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional Kalimantan diharapkan dapat melakukan kerja sama antar daerah dalam penanganan isu-isu strategis seperti Inflasi, peningkatan ekonomi dan pariwisata, serta peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan pendidikan untuk kesejahteraan masyarakat. 

Harapan itu disampaikan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) H Edy Pratowo saat membuka Rapat Kerja Komisariat Wilayah (Komwil) V Apeksi Regional Kalimantan di Ballroom Swiss-Belhotel Danum, Kota Palangka Raya, Kamis (20/10/2022).

"Menanggapi isu global yang berkembang saat ini, percepatan pembangunan seperti Smart City melalui peningkatan kualitas SDM yang melek teknologi merupakan salah satu faktor keberhasilan pembangunan daerah," ucapnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjutnya, rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) sebagai superhub ekonomi juga menjadi sebuah keniscayaan bahwa kualitas SDM yang unggul tentu sangat dibutuhkan untuk menciptakan kemandirian daerah sehingga langkah ke depan yang harus dibangun bukan hanya menciptakan smart city, tetapi juga menjadikan kota di regional kalimantan menjadi kota yang memiliki ketahanan pangan melalui gerakan tanam dan pemanfaatan lahan-lahan produktif disekitar rumah.

"Menjadi harapan kita bersama, kegiatan ini dapat menghasilkan rekomendasi strategis dan terobosan-terobosan yang tepat demi kebangkitan ekonomi akibat Pandemi Covid-19 dan kondisi inflasi nasional yang sangat berdampak bagi pertumbuhan ekonomi rakyat," tukasnya.

Sementara itu, Walikota Palangka Raya Fairid Naparin dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan agenda program kerja Komwil V Apeksi Regional Kalimantan sekaligus merupakan salah satu upaya untuk melakukan evaluasi dan kajian mendalam terhadap isu-isu strategis yang berkembang, terutama dalam memantapkan pelaksanaan otonomi daerah dengan segala dinamikanya.[kenedy/adv]


Lebih baru Lebih lama