Diskominfosantik Kalteng Gelar Sosialisasi KIM di Kabupaten Seruyan

Diskominfosantik Kalteng Gelar Sosialisasi KIM di Kabupaten Seruyan

SOSIALISASI KIM di Kabupaten Seruyan. \foto: istimewa


KUALA PEMBUANG - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar sosialisasi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) bertempat di Kabupaten Seruyan, Kamis (27/10/2022). 

Sosialisasi berlangsung di Aula Bupati Seruyan tersebut diisi paparan dari Pranata Humas Muda Diskominfosantik Kalteng, Elyanie dan Ferawati. 

Kepala Diskominfosantik Provinsi Kalteng, Agus Siswadi mengatakan bahwa perkembangan teknologi saat ini begitu cepat sehingga diperlukan kearifan dalam memanfaatkan teknologi agar informasi yang sampai kepada masyarakat adalah informasi yang baik dan positif. 

"Kelompok Informasi Masyarakat sangat dibutuhkan dalam penyampaian informasi, terutama dalam menyampaikan informasi yang positif bagi masyarakat. Artinya, KIM yang dibentuk oleh masyarakat harus dapat berguna juga bagi masyarakat, untuk itu diperlukan pemberdayaan guna mengembangkannya," ucapnya. 

Sebagai lembaga masyarakat yang bergerak di bidang pengelolaan informasi, sambungnya, KIM memiliki arti yang penting sebagai mitra Pemerintah dan sebagai bagian dari jaringan sistem informasi nasional dalam diseminasi informasi dan penyerapan aspirasi masyarakat. 

"KIM berperan sebagai media forum, yaitu kelompok masyarakat yang memiliki aktivitas mengikuti informasi dari berbagai sumber, kemudian mendiskusikan hasil monitoring, dan menyalurkan informasi kepada masyarakat sekitarnya dan lebih lanjut mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya. 

Agus menyatakan, salah satu rencana aksi Diskominfosantik Provinsi Kalteng adalah melaksanakan kemitraan dengan pemangku kepentingan, diantaranya KIM, kelompok media tradisional, komunitas pembuat konten positif dan kelompok strategis. 

"Sosialisasi ini dimanfaatkan dengan baik untuk mendapat pemahaman tentang pengelolaan Komunitas Informasi Masyarakat yang memiliki aktivitas bidang pemberdayaan masyarakat dengan fungsi pengelolaan diseminasi informasi yang tepat sasaran," tukasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama