Hari Santri Nasional, Bupati Tala jadi Inspektur Upacara

Hari Santri Nasional, Bupati Tala jadi Inspektur Upacara


PELAIHARI - Peringati Hari Santri Nasional ( HSN) tahun 2022. Pemkab Tala menggelar Apel di halaman depan Kantor Bupati Tanah Laut, Sabtu ( 22/10).

Bupati Tanah Laut  HM Sukamta saat menjadi inspektur apel HSN  mengajak seluruh warga Tala untuk turut merayakan Hari Santri Nasional.

Sukamta menyampaikan tentang Keputusan Presiden (Keppres) Joko Widodo Nomor 22 Tahun 2015  bahwa pada  22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional.

"Penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri merujuk pada tercetusnya resolusi jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia,"katanya.

Bupati Tala menjelaskan, resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik pada 10 November 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Sejak penetapan Hari Santri pada 2015 tersebut, selalu diadakan rutin peringatan Hari Santri termasuk di Kabupaten Tala.

Menurut Sukamta, santri selalu terlibat aktif dalam perjalanan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. 

Santri dengan berbagai latar belakangnya selalu bersiap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan Negara. Para santri turun ke medan laga ikut  berperang melawan penjajah pada waktu itu menggunakan  senjata bambu runcing.

" Di Surabaya, resolusi jihad yang digelorakan oleh KH. Hasyim Asy’ari membakar semangat pemuda-pemuda Surabaya melawan Belanda,"ucapnya.

Ia tambahkan termasuk ketika pecah pertempuran lima hari di Semarang, para santri juga ikut berada di garda terdepan perjuangan. Santri selalu terlibat aktif dalam peperangan melawan penjajah.

“ Meski bisa menjadi apa saja, santri tidak melupakan tugas utamanya menjaga agama dan mengedepankan nilai-nilai keagamaan pada setiap perilakunya,”pungkasnya.[adv]

Lebih baru Lebih lama