Sowan ke Menag Yaqut, Paman Birin Sampaikan Persiapan MTQ Nasional

Sowan ke Menag Yaqut, Paman Birin Sampaikan Persiapan MTQ Nasional

JAKARTA – Didampingi Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Selatan, H Muhammad Tambrin, Sekdaprov Roy Rizali Anwar, Kepala Biro Kesra Ahmad Solhan serta Staf Khusus H Achmad Maulana, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengunjungi Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam kunjungan sekaligus audiensi di Kantor Kemenag di Jakarta Pusat, Jumat (23/9/2022) ini, gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini menyampaikan persiapan penyelenggaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXIX Tahun 2022 di Kalsel.

Paman Birin juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang selama ini diberikan Kemenag kepada Kalsel yang dipercaya sebagai tuan rumah.

Melalui Gus Yaqut, Paman Birin juga berharap Presiden Joko Widodo dapat berhadir langsung membuka MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 yang dijadwalkan 12 Oktober mendatang.

Termasuk kehadiran para duta besar negara sahabat untuk melihat dari dekat MTQ Nasional.

“MTQ Nasional XXIX di Kalsel mendatang adalah sejarah bagi kami. Kami pun rindu yang luar biasa untuk pelaksanaan MTQ di Banua Kalimantan Selatan, setelah sebelumnya pernah menyelenggarakan tahun 1970. Semoga Bapak Presiden bisa datang dan membuka langsung,” tutur Paman Birin.

Menurut Paman Birin, sebagai tuan rumah MTQ, Kalsel terus menyiapkan segala sesuatunya secara detail. Mulai dari prasarana jalan, penerangan hingga venue-venue acara MTQ.

Disebutkan Paman Birin, Kalsel telah menyiapkan tempat pembukaan VIP untuk 3.400 tamu dan kafilah se-Indonesia yang akan digelar di Kiram Park, Kabupaten Banjar.

Di mana untuk tamu-tamu VIP itu di lokasi acara, posisi kursi tempat duduk nanti akan ada keterangan nama untuk memudahkan.

Bahkan, agar acara berjalan dengan lancar, pihaknya juga telah menyiapkan panggung lomba dan di sekitarnya akan ada stand-stand UMKM untuk produk lokal.

Tak hanya itu, untuk memudahkan masyarakat menonton langsung dan tidak terganggu akan penuhnya animo yang menyaksikan MTQ, pihaknya juga telah menyiapkan beberapa titik videotron di sekitar 300-400 meter dari panggung utama yang bisa menyaksikan aneka lomba MTQ.

Kegiatan MTQ ini juga bisa disaksikan melalui siaran langsung streaming via youtube.

“Insya Allah dengan berbagai kesiapan kami ini, Kalsel siap menyambut tamu-tamu dari penjuru Nusantara bahkan luar negeri. Kami siap menyambut tamu dengan sebaik-sebaiknya. Sebagai ajaran Rasulullah, kita diwajibkan untuk memuliakan tamu,” pungkasnya.[adv]

Lebih baru Lebih lama