Semua Pihak Diminta Sukseskan Pemutakhiran PK-22 di Bartim

Semua Pihak Diminta Sukseskan Pemutakhiran PK-22 di Bartim

KEPALA DP3AKB Bartim, H Rusdianor (tengah) saat membuka Workshop Pemutahiran Pendataan Keluarga Tahun 2022.| foto : istimewa

TAMIANG LAYANG - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana DP3AKB Kabupaten Barito Timur (Bartim) H Rusdianor mengungkapkan bahwa Pemutakhiran Pendataan Keluarga Tahun 2022 (Pemutakhiran PK-22) merupakan kegiatan strategis Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana untuk kepentingan perencanaan, evaluasi, dan intervensi di tingkat keluarga. 

"Oleh karena itu, semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini diharapkan untuk bekerja keras serta memiliki semangat dan komitmen yang tinggi untuk menyukseskannya," ungkapnya pada pembukaan Workshop Pemutahiran Pendataan Keluarga Tahun 2022 di Kantor DP3AKB Kabupaten setempat, Senin (12/9/2022).

Dihadapan peserta workshop, dirinya menyampaikan kinerja Pengelola Data dan Kader Pendata sangat menentukan keberhasilan Pemutakhiran PK-22 dalam menghasilkan data yang berkualitas. 

Melalui workshop itu pula, dirinya meminta para peserta memperhatikan dan mempelajari secara cermat semua langkah kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya.

"Jalankan sesuai instruksi, patuhi jadwal yang telah ditetapkan serta selalu berkoordinasi dan berkonsultasi dengan OPD atau bidang terkait. Sekali lagi, harap diingat bahwa kualitas Pemutakhiran PK-22 sangat ditentukan oleh kesungguhan," tukasnya.

Sekedar diketahui, Pemutakhiran PK-22 itu dilakukan cara melengkapi, memperbaiki, memperbaharui, mencatat mutasi, dan mendata keluarga baru yang belum terdata dalam Pendataan keluarga Tahun 2021 (PK-21). 

Para petugas yang sudah ditunjuk akan menyambangi dari rumah ke rumah dengan cara mewanwancarai dan atau mengobservasi kepala keluarga.

Kegiatan ini secara serentak dilakukan mulai tanggal 1 September 2022 hingga 31 Oktober 2022.  

Ada tujuh Kecamatan yang akan melakukan Pemutakhiran PK-22, diantaranya Kecamatan Dusun Timur sekaligus Lokus PPK 22 yaitu Kelurahan Tamiang Layang, Desa Mataran dan Desa Matabu.

Kemudian Kecamatan Benua Lima di Kelurahan Taniran, Desa Kandris dan Desa Tewah Pupuh.

Kecamatan Awang di Desa Hayaping, Janah Jari, Wungkur Nanakan, Bangkirayen, dan Desa Apar Batu.

Kecamatan Dusun Tengah di Kelurahan Ampah Kota, Desa Rodok, Putai, Sumber Garunggung dan Muara Awang. 

Kecamatan Pematang Karau di Desa Bambulung, Tumpung Ulung, Ketab, Muara Palantau, Kupang Bersih, Tuyau, dan Sumber Rejo.

Kecamatan Raren Batuah yakni di Desa Puri, Unsum dan Tangkum. Kecamatan Paku di Desa Tampa, Kalamus, Runggu raya, Pangkan dan Luau jawuk.[siti/adv]


Lebih baru Lebih lama