Rp2,2 M Dianggarkan Pemkab Bartim untuk Pembukaan Lahan Sawit Masyarakat

Rp2,2 M Dianggarkan Pemkab Bartim untuk Pembukaan Lahan Sawit Masyarakat

KEPALA Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bartim, Trikorianto.| foto : siti

TAMANG LAYANG - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur (Bartim), Trikorianto menyatakan bahwa pada APBD perubahan tahun 2022 Pemerintah Kabupaten setempat mengalokasikan anggaran sebesar Rp2,2 Miliar untuk bantuan biaya pembukaan lahan sawit masyarakat.

"Bantuan tersebut merupakan tahap awal dari program pengembangan sawit masyarakat dengan total luas 800 hektare yang tersebar di Kecamatan Patangkep Tutui, Awang, Benua Lima, Dusun Timur, Karusen Janang, Paku, Raren Batuah dan Kecamatan Pematang Karau," ungkap Trikorianto, Sabtu (3/9/2022).

Dibeberkannya, sebelum melakukan penyaluran bantuan tersebut, pihaknya (Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bartim, red) bekerja sama dengan Pemerintah Desa tersebut terlebih dahulu melakukan pendataan maupun verifikasi data Calon Petani dan Calon Lokasi (CPCL) agar bantuan yang akan disalurkan tepat sasaran.

"Jadi untuk setiap hektare calon petani sawit akan menerima bantuan sebesar Rp2,5 juta untuk pembukaan lahan. Bantuan ini selain dapat meringankan beban petani juga untuk mencegah pembakaran lahan secara besar-besaran petani yang akan mengembangkan sawit," bebernya.

Para petani penerima bantuan, tegasnya, juga diwajibkan menandatangani surat perjanjian untuk mengembalikan bantuan tersebut jika tidak digunakan untuk membuka lahan sawit.

"Perjanjian ini tujuannya supaya masyarakat tidak asal menerima bantuan karena melihat ada uang tunai yang disalurkan. Makanya nanti paling lambat 10 bulan akan dievaluasi karena pada tahun anggaran 2023 akan disalurkan lagi bantuan bibit sawit, pupuk dan sarana penunjang," tandasnya.[siti]


Lebih baru Lebih lama