KKN Kebangsaan dan Bersama ke-X Promosikan Taman Agrowisata Desa Kanamit Jaya

KKN Kebangsaan dan Bersama ke-X Promosikan Taman Agrowisata Desa Kanamit Jaya

FOTO bersama oleh KKN Kebangsaan ke-X dan Bersama Tahun 2022 di Lokasi Taman Desa Kanamit Jaya.| foto : Istimewa

PULANG PISAU - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan ke- X dan KKN Bersama Badan Kerja Sama (BKS) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Barat tahun 2022 terselenggara di Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Universitas Palangka Raya (UPR) terpilih sebagai tuan rumah tahun ini. Kegiatan sudah berlangsung pada 17 Juli hingga 19 Agustus 2022 lalu di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, salah satunya di Desa Kanamit Jaya. 

Pelaksanan nya pun diikuti oleh 73 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia dengan jumlah peserta kurang lebih 1000 mahasiswa.

KKN Kebangsaan ke-X dan Bersama di Kalimantan Tengah kali ini dengan mengusung tema "Penerapan Falsafah Huma Betang Sebagai Perwujudan NKRI Dalam Mendukung Pengembangan Pangan (Food Estate) Menuju Kemandirian Nasional".

Kelompok KKN Kebangsaan ke-X dan Bersama sebanyak 76 orang tersebut dibina dan sekaligus diketui M Ronaldy Meiyoga Sugiarto mahasiswa asal UPR. 

"Dalam pelaksanaannya kelompok 76 memiliki program kerja unggulan yaitu rebranding taman wisata Desa Kanamit Jaya menjadi Taman Agrowisata Desa Kanamit Jaya," kata Ingdwi Lara Sakti dari mahasiswa Universitas Tanjungpura   kepada awak media ini, Jumat (2/9/2022). 

Dijelaskan nya, rebranding taman wisata yang dimiliki oleh Desa Kanamit Jaya bukan tanpa alasan, sebab pihak KKN dimaksud merasa ada sebuah keunikan  untuk di kembangkan dan diperkenalkan ke khalayak ramai, mengingat sektor pertanian di Desa tersebut berpotensi dapat dikembangkan menuju kemajuan dan kesejahteraan, khususnya bagi masyarakat Desa setempat.

"Uniknya dalam pengembangan sektor pertanian, Desa Kanamit Jaya ini memiliki Kelompok Wanita Tani atau yang bisa disingkat dengan sebutan KWT," ujar Ingdwi Lara Sakti. 

Dengan daya Tarik dan potensi dari tersebut, para kelompok KKN Kebangsaan Desa Kanamit Jaya berusaha untuk mempromosikan dan membantu dalam pengajuan proposal ke beberapa instansi dinas Kabupaten Pulang Pisau dan dinas di Provinsi Kalimantan Tengah.

"Dalam pengerjaan proposal pengembangan Taman Agrowisata di Desa Kanamit Jaya sangat di dukung oleh aparatur desa, terutama bapak Sumantri selaku Kepala Desa Kanamit Jaya, dan Supriyono, S.Pt selaku Ketua BUMDes yang ada di Desa Kanamit Jaya," ungkapnya menuturkan. 

Dia menambahkan, program ini juga menjadi salah satu program kerja dari BUMDes dalam mewujudkan program kerja satu desa satu taman. 

Maka dari itu, kata Ingdwi Lara Sakti, 76 sebagai pelopor dalam pengembangan Taman Agrowisata Desa Kanamit Jaya sangat berharap pemerintah melirik dan membangun fasilitas untuk memenuhi kriteria yang sesuai dalam Undang – Undang No. 12 Tahun 2020 tantang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Pulang Pisau Tahun 2020-2035.

"Jadi, kami turut berharap Rebranding Taman Wisata di Desa Kanamit Jaya dapat  menjadi Taman Agrowisata, sehingga dapat meningkatkan pendapatan kapita dari desa tersebut, juga untuk mewujudkan keberhasilan pada program nasional food estate," imbuhnya. 

Sementara perlu diketahui, kelompok KKN Kebangsaan ke-X dan Bersama di Desa Kanamit Jaya selain diketuai M Ronaldy Meiyoga Sugiarto turut dibina 
Ingdwi Lara Sakti sebagai Sekretaris berasal dari UNTAN, Eppi M Simanjuntak sebagai bendahara berasal dari UPR, yang beranggotakan 7 orang yakni Ibnu Riko Ramdani dari UMRAH, Nina dari UPR, Destiana Pasaribu dari UPR, Shanet Salsabilla Chairunnisa dari UNAIR, Fita Afri Nengsih dari UPR, Juan Fery dari UPR, dan Erwin Amiruddin dari UNSULBAR.[rilis/manan]


Lebih baru Lebih lama