JUT Baruh Ulin di Perbaiki, Petani di Haur Batu Merasa Senang

JUT Baruh Ulin di Perbaiki, Petani di Haur Batu Merasa Senang

JUT Baruh Ulin dilakukan pengecoran dan pengamparan sirtu.| foto : agus

PARINGIN - Sekian lama tidak pernah tersentuh perbaikan, infrastruktur Jalan Usaha Tani (JUT) Baruh Ulin, yang dulunya rusak parah  kini mulai diperbaiki oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Pemkab Balangan.

Dianggarkan Rp177.200.000 peningkatan JUT Baruh Ulin telah dimulai perbaikannya sejak 22 Agustus dan ditargetkan rampung 5 Oktober 2022, dengan jangka pelaksanaan selama 45 hari.

Salah satu petani karet, Aris mengaku merasa senang atas perbaikan JUT Baruh Ulin oleh pemerintah daerah. Menurutnya  peningkatan JUT tersebut sangat tepat dan sangat dirasakan manfaatnya.

"Allahmdulillah JUT kami sekarang sudah mulai dilakukan pengecoran dan sebagian dilakukan pengamparan sirtu," sebutnya, Minggu (11/9/2022).

Meski JUT Baruh Ulin masih tidak keseluruhan dilakukan perbaikan, lanjutnya, namun perbaikan JUT tersebut sudah sangat dirasakan manfaatnya bagi petani.

Kesempatan berbeda Petani di Baruh Ulin Yulianto merasa bersyukur atas perbaikan JUT tersebut, karena menurutnya sudah beberapa tahun JUT tersebut tidak pernah tersentuh perbaikan dari pemerintah.

"Sudah lama JUT Baruh Ulin ini tidak diperbaiki, namun kini sudah diperbaiki, mudah-mudahan perbaikan JUT ini berjalan lancar sehingga petani benar-benar merasakan manfaatnya," harapnya.

Sementara itu, Kelapa DKP3 Balangan Tuhalus menyebut, dari panjang jalan kurang lebih dua kilometer, pihaknya mampu melakukan perbaikan pada sebagian jalan, karena keterbatasan anggaran.

Dijelaskan JUT Baruh Ulin dilakukan pengamparan sirtu dan sebagian cor, guna mempermudah akses jalan bagi para petani.

Sesuai yang diharapkan Bupati Balangan, H Abdul Hadi, peningkatan dan pembangunan infrastruktur JUT dimintanya setiap desa untuk mengusulkan satu JUT kepada DKP3 Balangan.

"Kita harapkan, setiap Desa untuk mengusulkan satu JUT baik itu peningkatan ataupun pembangunan JUT tersebut," ujar Abdul Hadi, belum lama tadi.

Lanjutnya, dengan tujuan untuk meningkatkan pembangunan dan  mewujudkan visi dan misi, menata kota membangun desa untuk Kabupaten Balangan yang lebih maju.[agus/adv]

Lebih baru Lebih lama