Bupati Pulang Pisau Serahkan Bantuan Alat Tangkap Ikan ke Nelayan Maliku dan Sebangau Kuala

Bupati Pulang Pisau Serahkan Bantuan Alat Tangkap Ikan ke Nelayan Maliku dan Sebangau Kuala

PULANG PISAU - Secara simbolis, Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang didampingi Kepala Dinas (Kadis) Perikanan, Slamet Untung Riyanto menyerahkan alat kelengkapan tangkap ikan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan di wilayah Kecamatan Maliku dan Sebangau Kuala.

Penyerahan secara simbolis oleh orang nomor satu di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini, berlangsung di Aula Kantor Dinas Perikanan daerah setempat, Senin (12/9/2022).

Kegiatan turut dihadiri, Kepala Dishub Pulang Pisau, Dr Supriyadi, Camat Maliku, Teras, Camat Sebangau Kuala, Sugianto, Kades Kanamit, Hadi, Kades Paduran Sebangau, Bahtiar dan sejumlah perwakilan nelayan di dua wilayah penerima bantuan.

Bupati Pulang Pisau dalam poin  sambutannya menegaskan dinas terkait (Dinas Perikanan) dapat bekerja keras agar ke depan dapat menambah bantuan dari yang ada sekarang.

"Karena nelayan kita ini masih banyak, jadi perlu perhatian serius lagi dari dinas melalui bidang-bidangnya ya," ucap Taty sapaan akrab Bupati Pulang Pisau berpesan.

Kepada Kepala Dinas (Kadis) harus berkonsentrasi dengan program-program yang ada, khususnya program terkait alat bantu bagi para nelayan.

"Nanti juga kepada para penerima bantuan (nelayan), jangan asal terima saja, tetapi dapat mengecek dulu bantuan yang diserahkan. Takutnya kan kalau rusak dan sebagainya, jadi dicek dulu ya sebelum menerima," pesan Taty.

Pada kesempatan yang sama, Kadis Perikanan Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto mengatakan bahwa bantuan alat tangkap yang diserahkan ke KUB dua wilayah tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus atau DAK Tahun Anggaran 2022.

"Untuk total bantuan yang diserahkan, lanjutnya, sebanyak 30 unit terdiri dari kapal 3 GT, mesin 9 HP dan alat tangkap berupa jaring (rengge)," katanya.

Pembagiannya sendiri, tambah Slamet, ada 7 unit lengkap yang diserahkan kepada Ketua KUB Tani II, Masrani (Desa Badirih).

Selanjutnya, kepada Ketua KUB Ije Atei, Tuah sebanyak 7 unit lengkap (Desa Kanamit). Kemudian lagi, KUB Keluarga Harapan Desa Paduran Sebangau sebanyak 4 unit alat tangkap ikan lengkap kepada Ketua KUB, Kurno.

"Terus ada KUB Paduran Sebangau Makmur sebanyak 6 unit dan KUB Bakau Berkah sebanyak 6 unit. Jadi, totalnya 30 unit alat tangkap ikan lengkap," ungkapnya.

Dengan adanya bantuan ini, harap Slamet, dapat meningkatkan hasil  pendapatan tangkap ikan dan kesejahteraan bagi para nelayan.

"Agar bantuan ini benar-benar  dimanfaatkan, sehingga jangan sampai  tidak disalahgunakan apalagi diperjual belikan. Itu tidak boleh, kami akan selalu monitoring dan evaluasi terhadap bantuan yang disalurkan ini," pesannya dengan tegas.[manan]

Lebih baru Lebih lama