Buka Aksi Panutan, Sekda Kotabaru Ikut Bayar Pajak

Buka Aksi Panutan, Sekda Kotabaru Ikut Bayar Pajak

KOTABARU - Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru, Said Akhmad MM menghadiri sekaligus membuka secara resmi Aksi Panutan dan Gebyar Gerakan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Kabupaten Kotabaru, di Siring Laut Kotabaru, Kamis (1/9/2022).

Bupati Kotabaru, Sayed Jafar dalam sambutan tertulis yang disampaikan Sekda Said mengatakan, melalui kegiatan ini kita dapat meningkatkan ketaatan dan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, sehingga akan ada peningkatan penerimaan pajak daerah.

"Di samping itu sebagai motivasi kepada masyarakat bahwa penerimaan PBB dan pajak lainnya serta retribusi daerah sangat penting membiayai pembangunan di wilayah Kabupaten Kotabaru," katanya.

Dengan membayar pajak, lanjutnya, kita semua ikut berpartisipasi dalam pembangunan daerah, dan pemerintah berharap kontribusi PAD kita bisa maksimal dengan capaian pembayaran yang maksimal dari para wajib pajak daerah.

"Maka untuk itu, institusi yang mengelola pajak maupun retribusi daerah, saya mengharapkan agar kegiatan serupa ini tidak terbatas hanya pada salah satu jenis pajak saja, namun perlu dilakukan imbauan dan sosialisasi secara berkesinambungan dan terus menerus terhadap potensi penerimaan daerah yang lainnya," ujarnya.

Ini juga sebagai upaya untuk memberikan informasi dan pengetahuan yang lebih baik kepada masyarakat, terkait dengan pemenuhan kewajiban perpajakan.

Di mana pada gilirannya dapat memaksimalkan penerimaan seluruh potensi pendapatan yang dipungut dari masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat.

Kepala Bapenda Kotabaru, H Akhmad Rivai dalam kesempatan ini menambahkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan menggugah kedisiplinan serta kepatuhan dan kepedulian wajib pajak PBB-P2.

Khususnya, sambungnya, masyarakat yang memiliki objek pajak PBB-P2 (tanah dan bangunan) yang berada di wilayah Kabupaten Kotabaru terhadap kewajibannya dalam membayar pajak.

Akhmad Rivai berharap dengan adanya kemitraan Bank Kalsel dan Kantor Pos supaya lebih memudahkan masyarakat di Kecamatan untuk membayar PBB-P2.

Di momen ini, juga dilakukan penyerahan Piagam Penghargaan dan Cendramata oleh Sekretaris Daerah Kotabaru untuk pembayaran tercepat dan realisasi pembayaran tertinggi PBB-P2 dari PT. Pelindo III Kotabaru, PT. SDO Pulau Laut Refinery dan Yulia Rahmina dari produk (Citra Sasirangan).

"Di peringkat 3 besar Panutan terbaik pembayaran PBB-P2 tingkat Kecamatan adalah dari Kecamatan Hampang, Kecamatan Pulau Sembilan dan Kecamatan Pamukan Utara," katanya.

Untuk Peringkat 5 besar Panutan terbaik pembayaran PBB-P2 tingkat Desa, dari Desa Lalapin Kecamatan Hampang, Desa Sejakah Kecamatan Pulau Laut Timur, dan Desa Mulyo Harjo Kecamatan Pamukan Utara, Desa Sebatung Kecamatan Pulau Laut Sigam serta Desa Sangking Baru Kecamatan Kelumpang Selatan.

Untuk Kecamatan yang paling banyak dan intens melakukan koordinasi terkait pembayaran PBB-P2, yaitu Kecamatan Pulau Laut Selatan.

Turut hadir dalam acara, Sekda Kotabaru, Wakil Ketua II DPRD Kotabaru, Forkopimda, SKPD, stakeholder, seluruh Camat se-kabupaten Kotabaru, Lurah beserta Kepala Desa se-kabupaten Kotabaru, dan masyarakat wajib PBB-P2.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama