Sekda Bartim: Di Luar Dugaan, Lomba Nipet Diserbu para Peserta

Sekda Bartim: Di Luar Dugaan, Lomba Nipet Diserbu para Peserta

SEKDA Bartim membuka acara lomba nipet dengan menyumpit papan target yang telah disediakan panitia.| foto : istimewa

TAMIANG LAYANG - Banyaknya peserta lomba nipet atau manyipet (menyumpit) pada Festival Budaya Nansarunai Jajaka tahun 2022 yang dilangsungkan di halaman Kantor Bupati Barito Timur (Bartim), Senin (22/8/2022) di luar dugaan panitia.

Bahkan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bartim, Panahan Moetar pun tidak menyangka peminat lomba nipet itu sangat banyak.

"Saya sempat khawatir budaya permainan nipet atau menyumpit ini dilupakan oleh generasi muda sekarang. Tapi, ternyata kekhawatiran saya tidak terbukti karena banyaknya peserta yang mengikuti lomba ini," ucapnya saat membuka lomba tersebut.

Namun, lanjutnya, dari keseluruhan peserta  lomba nipet tahun ini mayoritas didominasi usia tua.

Karena itu, dirinya berharap generasi tua dapat membina generasi yang lebih muda dalam budaya permainan nipet atau menyumpit.

"Dengan pembinaan secara baik dan benar kami berharap budaya nipet ini bisa meraih prestasi kedepannya," pungkasnya.

Sekedar diketahui, lomba nipet yang digelar oleh panitia Festival Budaya Nansarunai Jajaka itu terbagi dalam dua kategori, yakni katagori umum dan khusus warga Bartim. 

Kategori umum diikuti peserta dari luar daerah, seperti Kabupaten Tabalong, Balangan, Barito Selatan dan Barito Kuala.[siti/adv]


Lebih baru Lebih lama