RDTR, Bati Bati jadi Bagian Metropolitan Banjar Bakula

PELAIHARI - Bupati Tanah Laut (Tala), HM Sukamta menyampaikan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) wilayah Bati Bati bertujuan untuk mengembangkan perkotaan Bati Bati sebagai bagian dari metropolitan Banjar Bakula yang berbasis perkembangan permukiman perkotaan, komersial, pertanian berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Hal tersebut Ia sampaikan pada Rapat Koordinasi Lintas Sektor dalam rangka Pembahasan Rancangan Peraturan Bupati Tala tentang RDTR wilayah Bati Bati di Ballroom Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, melalui konferensi video di ruang Rapat Barakat Lt. II Setda Tala, Rabu (3/8/2022).

"Bati Bati diprioritaskan untuk pusat kegiatan lokal yang diprioritaskan sebagai kegiatan industri pengolahan dan pertanian," katanya.

Menurut dia Pertumbuhan penduduk yang cepat tentu memerlukan kawasan permukiman yang juga semakin meningkat.

Bati Bati sebut dia merupakan pintu gerbang Tala yang berbatasan dengan Banjarbaru (BJB) dan Kabupaten Banjar, sehingga perkembangan Kota Banjar Bakula yang merupakan ibu kota Provinsi Kalsel.

"Pasti akan masuk ke wilayah Bati-Bati sehingga arus perkembangan manusia, barang dan jasa semakin tinggi yang mendorong pertumbuhan ekonomi," kata Sukamta.
 
Dirinya juga menuturkan bahwa mendasari RDTR wilayah Bati-Bati terdapat beberapa isu strategis diantaranya Bati Bati akan diarahkan menjadi sebagai pusat kegiatan lokal.

Karena sebagai kawasan strategis Kalsel yakni Perkotaan Banjar Bakula Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tanah Laut dan Barito Kuala.

Ia berharap dengan penyelesaian RDTR tersebut maka aglomerasi ke lima wilayah  bisa terbentuk dengan baik sehingga fungsi Kecamatan Bati Bati menjadi maksimal (05:48).

Setelah Pemaparan dari setiap kepala Daerah, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan diskusi dari setiap perwakilan daerah masing masing.

Diketahui selain pembahasan RDTR Wilayah Bati Bati juga diikuti RDTR Kawasan Perkantoran Pangkalan Bun, RDTR wilayah perencanaan kawasan Pulau Sebuku dan RDTR Sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong.

Turut berhadir mengikuti Konferensi video di ruang rapat Barakat Lt. II Setda Tala Kepala Disnakerind Tala Kepala Dispora Tala, Kepala Distanhorbun Tala, Kepala Dishub Tala.[adv]


loading...