Penyangga IKN, Kalteng Mulai Melakukan Pemetaan Wilayah Strategis

SEKDA Provinsi Kalteng, H Nuryakin saat menyampaikan sambutan.| foto : istimewa

MUARA TEWEH - Sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan siap pakai.

Selain itu, Pemrov Kalteng juga mulai melakukan pemetaan daerah atau wilayah yang strategis sebagai penyangga IKN Nusantara tersebut.

Fakta itu terungkap dalam Rapat Kerja Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng dengan Sekda se-DAS Barito yang berlangsung di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Selasa (2/8/2022). 

Sekda Provinsi Kalteng, H Nuryakin pada kesempatan itu mengungkapkan bahwa Kalteng pernah menjadi nominasi dalam bursa pemilihan wilayah untuk ibu kota negara baru. 

"Meski bukan daerah yang terpilih, tapi Kalimantan Tengah menjadi daerah peyangga bagi Ibu Kota Negara Nusantara, karena berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Timur," ungkapnya.

Ia membeberkan, Kabupaten Barito Timur sekitar 700 KM jaraknya ke IKN, begitu juga dengan Kabupaten Barito Utara yang berbatasan dengan Kalimantan Timur, sehingga semuanya harus disiapkan dari sekarang.

"Pertemuan ini sebagai langkah mempersiapkan SDM yang unggul. 
Untuk mempersiapkan hal tersebut, Pemprov Kalteng telah merencanakan membangun apakah nanti Universitas atau Politeknik," tukasnya.[kenedy/adv]


loading...