Diberangkatkan ke Perbatasan Indonesia - Malaysia, Paman Birin Semangati Prajurit

BANJARMASIN – Tak kurang 450 prajurit Satgas Yonif 621/Manuntung diberangkatkan untuk tugas operasi Pamtas Darat Indonesia - Malaysia 2022, Selasa (9/8/2022). Keberangkatan mereka disemangati langsung Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor.

"Kesempatan tugas ini hendaknya bisa dijadikan sebagai motivasi, untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara sekaligus menumbuhkan kebanggaan bagi keluarga, kesatuan, dan juga masyarakat Kalsel," katanya di hadapan prajurit.

Menurut gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini, seperti diketahui bersama, wilayah perbatasan antar negara merupakan hal yang sangat penting dan menjadi perhatian serius pemerintah Indonesia.

"Terlebih dalam hal keamanan dan pemberdayaan maupun pembinaan masyarakat di wilayah perbatasan," imbuhnya.

Letak strategis geografis Indonesia yang berada di jalur perdagangan internasional, merupakan salah satu faktor penting dalam penataan sistem keamanan perbatasan Indonesia dengan negara tetangga.

“Penanganan perbatasan negara, pada hakikatnya merupakan bagian dari upaya perwujudan ruang wilayah nusantara, sebagai satu kesatuan geografi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Paman Birin, penanganan perbatasan negara juga merupakan salah satu upaya mewujudkan kedaulatan NKRI. Diharapkan seluruh personel dapat melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.

“Kami akan terus mendoakan semoga para prajurit yang melaksanakan tugas mulia ini senantiasa diberikan kekuatan, kesabaran, kemudahan, dari
Allah subhanahu wata'ala, tuhan yang maha kuasa," tuturnya.

Juga, sambungnya, dihindarkan dari segala macam musibah dan mara bahaya. 

"Jadilah prajurit yang terbaik, yang tidak hanya patuh dan setia, tetapi kehadirannya juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” pesan Paman Birin.

Usai apel pelepasan, Paman Birin menyalami dan memberikan semangat kepada prajurit yang diberangkatkan.[adv]


loading...