Bupati Balangan Serahkan Bantuan Pertanian kepada Para Petani

Bupati Balangan Serahkan Bantuan Pertanian kepada Para Petani

BUPATI Balangan, H Abdul Hadi serahkan bantuan pupuk, herbisida dan handsprayer di kecamatan Juai dan Halong.| foto : Istimewa

PARINGIN - Bupati Balangan H Abdul Hadi serahkan bantuan pupuk, herbisida dan handsprayer kepada para petani di Kecamatan Juai  dan Halong, Kamis (4/8/2022).

Penyerahan tersebut bersama Kepala  Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Kabupaten Balangan, Tuhalus dan jajaran.

Dalam kesempatannya Bupati Balangan, Abdul Hadi menyebut pertanian merupakan sektor yang berpotensi terbesar menjadi penyangga perekonomian daerah setelah pertambangan.

"Petani adalah tokoh utama penyangga perekonomian, sekaligus tokoh utama ketahanan pangan nasional," katanya.

Penyaluran bantuan tersebut bagi Abdul Hadi, harus transparan, tepat sasaran, dan tidak menyulitkan petani.

"Kalau ada penyalur atau kios yang menyulitkan, segera laporkan, tindak lanjuti dan beri tindakan tegas jika terbukti menyulitkan," tegasnya.

Kemudian lanjutnya, kebijakan bantuan sarana produksi adalah bentuk keberpihakan pemerintah bagi peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan petani.

"Semoga bantuan ini bisa membantu meringankan, meski mungkin hanya untuk jangka pendek.Untuk jangka panjang, mari programkan sekira petani bisa mengembangkan kemampuan untuk mengupayakan srana produksi secara mandiri," sebutnya.

Ia juga mendorong untuk menggunakan pupuk organik, karena sangat baik untuk  menjaga kelestarian kondisi dan fungsi lingkungan, dan mendapatkan hasil panen atau produk pertanian yang lebih berkualitas.[agus/adv]


Lebih baru Lebih lama