Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Milenial, SMKPPN Paringin Panen Perdana Padi di Lahan Sekolah

Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Milenial, SMKPPN Paringin Panen Perdana Padi di Lahan Sekolah

MELAKUKAN panen perdana padi jenis IR 42 di lahan Sekolah SMKPPN Paringin bersama instansi terkait dan Camat Paringin.| foto : istimewa

PARINGIN - Dalam menumbuhkan jiwa wirausaha pada generasi milenial di bidang pertanian, SMKPPN Paringin menggelar panen perdana padi di lahan lingkungan sekolah, Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan, Kamis (7/7/2022).

Kegiatan yang diikuti oleh peserta didik dan dewan Guru, serta para perwakilan dari DKP3 Balangan, BPP dan Camat Paringin, juga turut serta berpartisipasi langsung.

Siswa SMKPPN Paringin, Ahmad Fauzan mengaku merasa bangga atas hasil panen yang di dapatkan, karena menurutnya tidak hanya ilmu teori yang didapatkan tetapi juga praktek langsung di lapangan.

Baginya ilmu yang diberikan oleh dewan guru bisa menjadi bekal untuk dikembangkan setelah lulus di SMKPPN Paringin.

"Melalui kegiatan ini kami mendapat banyak pengetahuan untuk pengembangan pertanian di Kabupaten Balangan setelah lulus nantinya," ujar Fauzan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKPPN Paringin, Syahruddin mengatakan, jenis padi yang dibudidayakan merupakan IR 42. Kemudian lanjutnya, d ari hasil ubinan diperoleh data hasil sebanyak 3,5 ton per hektare pada masa panen semester 2.

"Hasil pembudayaan padi tersebut merupakan hasil praktek siswa SMKPPN Paringin jurusan Agribisnis Tanaman pangan dan hortikultura kelas 11dari kelompok ketahanan pangan yang di kelola oleh Dewan guru Eddy Setiawan dan Andreas," sebutnya.

Sesuai dengan visi dan misi SMKPP Negeri Paringin, lanjutnya, yakni menciptakan lulusan yang ahli dalam bidang pertanian dan memiliki jiwa kewirausahaan.

"Maka kegiatan ini kami harapkan dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan untuk petani milenial yang berasal dari lulusan SMKPPN Paringin," tutupnya.[agus/adv]


Lebih baru Lebih lama