Sambut HAN, DP2KBP3A Hadirkan Anak Disabilitas Bertalenta pada Jambore FAD

Sambut HAN, DP2KBP3A Hadirkan Anak Disabilitas Bertalenta pada Jambore FAD

SAMBUT HAN Pemkab Tanah Laut gelar Jambore FAD.| foto : andra

PELAIHARI - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh setiap 23 Juli, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) bersama Forum Anak Daerah (FAD) Tanah Laut (Tala) menggelar Jambore FAD dari 19 hingga 20 Juli 2022 di Balai Diklat Loka Praja Pelaihari.

Kegiatan melibatkan sebanyak  60 pelajar setingkat SMP dan SMA cukup menarik. Karena kehadiran para anak disabilitas bertalenta saat mengisi kemeriahan pembukaan Jambore FAD Tala, Selasa (19/7/2022).

Ketua FAD Tala, Muhammad Ade Al-Faeyed pun memberikan keterangan soal tujuan melibatkan para anak disabilitas pada rangkaian jambore kali ini. "Namanya forum anak, jadi harus mampu mewadahi anak-anak dengan latar belakang apapun tanpa memandang kesehatan fisik dan mental. Jadi, kami pun melibatkan teman-teman berkebutuhan khusus di sini," ujar pelajar SMKN PP Pelaihari itu. 

Ia juga berharap FAD Tala semakin baik dan terus membangun kerjasama dengan pemerintah daerah.

Bak gayung bersambut, Kepala DP2KBP3A Tala, Ir. Nor Hidayat juga berharap pemerintah bersama FAD mampu bekerja sama dalam rangka membekali para generasi agar dapat memiliki peran nyata dan berdaya guna dalam membangun bangsa maupun daerah khususnya Tala.

"Melalui FAD ini, pemerintah berupaya mengajak anak-anak di Tala menjadi agen perubahan. Kita berharap pada tahun 2045 tepat 100 tahun Indonesia merdeka, anak-anak kita menjadi generasi yang tangguh di bidang masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda), H. Dahnial Kifli yang hadir mewakili Bupati Tala pada pembukaan Jambore FAD kali ini mengatakan, Indonesia ini butuh sumber daya manusia yang berkualitas dan anak-anak inilah aset yang dimiliki bangsa dalam melanjutkan pembangunan.

"Jambore ini jadi ajang mereka berkreativitas, saling berkomunikasi, memumuk kemandirian, dan memiliki ketangguhan. Pemerintah juga memberikan informasi dan pembekalan dalam menambah wawasan mereka melalui jambore ini," tutur sekda usai membuka secara resmi jambore ini.

Adapun beragam penampilan pada pembukaan ajang jambore FAD kali ini dimeriahkan oleh Azizah dengan melantunkan shalawat, Habibah dengan membacakan puisi, Fajar dengan menari serta anak-anak SLB Negeri Pelaihari dengan menampilkan lagu bahasa isyarat.[adv]

Lebih baru Lebih lama