Plt Kadinkes Pulang Pisau Ajak Masyarakat Vaksinasi Booster

PLT Kadinkes Pulang Pisau, dr Bawa Budi Raharja.| foto : manan

PULANG PISAU - Saat ini cakupan vaksinasi Covid 19, untuk dosis 1 dan dosis 2 sudah mencapai target yang ditetapkan. Meski begitu, untuk dosis 3 atau Booster baru mencapai 18,56 persen. 

Dari itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi dosis ketiga tersebut. 

Itu disampaikan Plt Kadinkes Pulang Pisau, dr Bawa Budi Raharja kepada awak media, Senin (18/7/2022) di ruang kerjanya. 

"Kami terus mengajak warga Pulang Pisau yang belum vaksin booster untuk di segera divaksin. Saat ini capaian yang sudah vaksin booster masih diangkat 18 persen, sedangkan harapan pemerintah daerah kita mencapai 25-30 persen," kata dr Bawa sapaan akrab pria yang juga menjabat sebagai Definitif Kepala DP3AP2KB Pulang Pisau. 

Menurutnya, apabila masyarakat sudah melakukan vaksinasi 1, 2 dan booster maka akan menambah kekebalan tubuh terhadap serangan Covid-19. 

"Kalau sudah booster tetap terserang COVID-19 itu beda dengan yang belum vaksin. Apalagi untuk warga yang aktivitasnya  tinggi akan mempermudah untuk syarat bepergian," ujar dr Bawa. 

"Untuk percepatan vaksin ini juga kami tentu berharap kerjasama lintas sektor," tukasnya. 

Dia menambahkan, untuk program DP3AP2KB Pulang Pisau sendiri pihaknya masih fokus pada kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang, khususnya percepatan bagi keluarga stunting.

"Meski leading sektornya DP3AP2KB, tetapi permasalahan stunting ini tidak bisa kita tangani sendiri. Artinya perlu kerjasama antar lintas sektor," ujar dr Bawa. 

Sebelumnya, terkait vaksinasi, Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang memerintahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) agar melakukan  percepatan vaksinasi booster berbasis mulai tingkat kecamatan, desa, RT/RW serta lintas sektor terkait. 

"Dan, melakukan sosialisasi secara masif dengan mengoptimalkan semua media baik cetak, online, televisi radio serta radio," tegas Taty sapaan akrab bupati pada poin sambutannya yang dibacakan Sekda Tony Harisinta pada Apel Gabungan di Halaman Kantor Bupati Pulang Pisau, Senin (18/7/2022).[manan]


loading...