Peringati HAN, RSUD Balangan Tingkatkan Pola Asih, Asah, Asuh dan Pelayanan

RSUD Balangan gelar peringatan Hari Anak Nasional.| foto : agus

PARINGIN - Peringati Hari Anak Nasional (HAN) peran keluarga penting dalam pola perkembangan anak guna meningkatkan kualitas hidup anak melalui pola asih, asah, asuh dan pelayanan, di ruang anak RSUD Balangan, Senin (25/7/2022).

Peringatan ini dirangkai dengan berbagai kegiatan mulai dari sosialisasi tentang stunting, menyanyi bersama anak-anak, pemotongan kue, penampilan Madihin, penyerahan hadiah lomba mewarna, dan pembacaan puisi dari anak.

Direktur BLUD RSUD Balangan, Drg Sudirman mengatakan, tujuan peringatan ini untuk mendorong seluruh lapisan masyarakat agar menjadi sektor unggulan dalam melakukan kerja-kerja aktif yang berimplikasi terhadap tumbuh kembang anak.

"Melalui momen ini kita harus menyejahterakan anak mulai dari 1000 hari kelahiran pertama sampai 15 tahun, itulah yang harus kita perhatikan dalam pola asih, asah, asuh terutama sebagai orang tua maupun lingkungan sekitar untuk menciptakan generasi emas," ujarnya.

Ia berharap kegiatan tersebut mampu meningkatkan peran keluarga dalam pengasuhan positif. Terutama dalam mencegah terjadinya stunting dan kekerasan terhadap anak.

"Sebagai orang tua harus bertanggung jawab terhadap perkembangan anak diawali dengan bagaimana cara mengasihi, bagaimana cara menjaga dan membekali ilmu pengetahuan kepada anak," tuturnya.

Sementara itu, Ketua GOW Balangan, Megawati Ulpah Supiani menyampaikan, dengan adanya peringatan HAN ini, pihaknya siap bergandeng tangan dengan rumah sakit, utamanya dalam memperhatikan tumbuh kembang anak yang tentunya tidak lepas dari didikan orang tua.

Menurutnya, anak merupakan amanah titipan yang luar biasa karena ditangan anak-anak inilah tulang punggung pembangunan suatu daerah untuk di masa yang akan datang. 

"Harapan kita nantinya kedepan anak-anak Balangan akan menjadi pemimpin Balangan yang bisa mewujudkan pembangunan untuk lebih maju lagi,"pungkasnya.[agus/adv]

loading...