Logistik Pilkades Serentak Kapuas 2022 Siap Didistribuksikan

Logistik Pilkades Serentak Kapuas 2022 Siap Didistribuksikan

LOGISTIK Pilkades Serentak Kapuas 2022 segera didistribusikan.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Logistik untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2022 di Kabupaten Kapuas telah siap untuk didistribusikan.

Logistik pilkades serentak tersebut berupa surat suara, bilik suara, kotak suara, bantalan, tinta, paku, gembok dan lainnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kapuas, Yanmarto menyampaikan, logistik Pilkades ini akan didisribusikan ke 17 kecamatan, diteruskan ke 155 desa dan 401 Tempat pemungutan suara.

"Persiapan logistik Pilkades sudah 95 persen, tinggal memasukan saja," kata Yanmarto, Kamis (22/7/2022).

Estimasi waktu pendistribusian logistik Pilkades ini dijadwalkan mulai Sabtu, 23 Juli hingga H-1 hari pelaksanaan pemungutan suara.

Dalam pendistribusian nantinya akan dilakukan pengawalan oleh aparat kepolisian.

"Aparat kepolisian dari Polres Kapuas siap mengawal pergerakan logistik ini dari kabupaten ke desa dan sebaliknya," terangnya.

Ia menuturkan, logistik setelah sampai di desa dilakukan lagi pemeriksaan dan perhitungan jumlah logistik oleh panitia desa dihadapan aparat kemanan, BPD dan masyarakat.

"Distribusi ini memperhatikan dua hal pertama kita mendahulukan wilayah atau jarak tempuh yang jauh, terisolir itu diutamakan," sebutnya.

Kemudian untuk wilayah desa-desa yang jumlah pemilhnya banyak meskipun dekat tetap diprioritaskan didahulukan pendistribusian.

"Sehingga tersedia cukup waktu menghitung dan mendatanganinya," kata Yanmarto.

Diketahui  Pilkades serentak Kapuas masuk tahap pelaksanaan kampanye, 20 sampai 22 Juli, masa tenang 23 hingga 25 Juli dan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara akan digelar Selasa, 26 Juli 2022 mendatang.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama